free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Inilah Penyebab Ketidak Suburan Istri

Sulit mendapatkan keturunan bisa ditimbulkan dari pihak istri ataupun suami. Dan untuk mengetahui lebih lanjut permasalahannya, tidak ada salahnya jika kedua belah pihak memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan solusi yang terbaik untuk sesegera mungkin mendapatkan momongan. Penyebab sulitnya mendapatkan keturunan bisa saja di sebabkan oleh ketidak suburan pihak istri maupun suami, dan di bawah ini adalah beberpa penyebab yang biasanya terjadi ketidak suburan dari pihak istri. Berikut selengkapnya di bawah ini :

1.    Adanya Kelainan Lendir Leher Rahim
Dengan kelainan dimana lendir leher rahim atau cervical mucus yang terlalu pekat maka tentu saja akan menghambat laju gerak sperma, dan jika terlalu asam pun maka bisa mematikan sel sperma. Maka akan sulit untuk mendapatkan kehamilan

2.    Berat Badan Tidak Seimbang
Penyebab lainnya infertilitas pada istri yakni masalah berat badan. Dimana berat badan sendiri dapat mengganggu kesuburan karena tubuh sendiri memerlukan 17% lemak pada awal masa haid dan 22% di sepanjang siklus haid. Lemak sendiri mengandung enzim aromatase yang mana sangat diperlukan untuk produksi hormon estrogen. Nah, apabila persediaan lemak tidak memadai atau mungkin berlebihan, maka faktor kesuburan pun akan terganggu.

3.    Terjadi Sumbatan pada Saluran Telur
Jika terjadi penyumbatan pada saluran telur dimana biasanya di akibatkan oleh adanya pelekatan pada sekitar saluran telur (tuba falopii). Dengan ini makan akan menghambat pertemuan sel telur dan juga sperma. Terjadinya pelekatan dapat terjadi karena luka akibat infeksi atau pasca tindakan operasi di daerah tersebut.

4.    Faktor Usia
Seperti kita tahu bahwa seorang wanita yang memasuki usia 35 tahun, maka faktor kesuburan akan menurun. Hal ini dikarenakan cadangan sel telur akan semakin berkurang setiap menstruasi hingga akhirnya habis. Bahkan dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa ifertilitas seorang wanita akan menurun sejalan dengan bertambahnya usia wanita tersebut.

5.    Stress
Seperti kita ketahui bersama bahwa syarat utama kesuburan seorang wanita adalah haid yang teratur, Jika gaya hidup yang tidak sehat dan kondisi mental wanita sedang mengalami stress maka akan menimbulkan gangguan ovulasi. Dan hal ini akan berimbas pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Sudah dapat di pastikan bahwa haid yang tidak teratur dapat menjadi penyebab infertilitas pada seorang wanita

6.    Adanya Kelainan Rahim
Adanya berbagai gangguan kelainan rahim seperti adanya pelekatan, mioma atau polip, adanya peradangan endometrium dan gangguan kontraksi rahim dapat mengganggu transportasi spermatozoa (sel sperma) tentu sangat berpengaruh pada kesuburan seorang wanita. Apabila seorang wanita mengalami masalah kelainan rahim seperti yang di sebutkan apabila terjadi kehamilan sekalipun, maka resiko terjadinya keguguran pun cukup tinggi

7.    Endometriosis
Endometriosis sendiri terjadi dimana sel dinding rahim tumbuh pada tempat yang tidak semestinya, yakni di luar rahim. Dengan kondisi seperti ini maka akan menyebabkan terjadinya pelekatan pada saluran telur dan organ reproduksi.

8.    Adanya Gangguan Ovulasi dan Hormonal
Ketidaksuburan pada wanita atau pihak istri bisa disebakan karena istri tidak menghasilkan sel telur (ovum) pada saat di buahi. Dengan keadaaan atau kondisi seperti ini tentu sangat sulit terjadi kehamilan.

Itulah beberapa penyebab ketidaksuburan yang terjadi dari pihak wanita atau istri. Sebaiknya konsultasikan segala permasalah yang berhubungan dengan ketidaksuburan dengan dokter, agar dokter dapat memberikan solusi yang terbaik untuk kedua belah pihak.

2 Comments
  1. Dok saya mau tanya berapa hari tidak boleh berhubngan badan dari terahir haid

    • @Melda : Selama darah haid sudah tidak keluar dan tidak ada flek sedikit pun tidak apa-apa bund. Bila bunda ingin segera mendapatkan momongan bunda dapat melakukan hubungan saat bunda berada pada masa subur.

Leave a Reply