free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Jadikan Si Kecil Tumbuh Bahagia

Setiap orang tua khususnya ibu pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, tidak terkecuali dengan keadaan hati dan perasaan si kecil. Sebagai orang tua yang menyayangi dan mencintai buah hatinya maka tidak akan hanya memberikan yang terbaik dalam bentuk fisik saja, tetapi juga memperhatikan psikologis atau perasaan si kecil. Si kecil yang tumbuh dengan bahagia yang mana selalu tersenyum dalam setiap tingkahnya yang menggemaskan dapat mencerminkan ia menjalani hari-hari yang bahagia bersama Anda, dengan senyumnya tersebut Anda pun akan senang dan bangga saat bersamnya. Nah, lalu bagaimana cara agar si kecil tumbuh dengan bahagia? Simak selengkapnya berikut ini :

1.    Bahagiakan Diri Si Kecil
Seperti kita tahu bahwa anak belajar dari orang tuanya, maka untuk itulah jika menginginkan anak bahagia maka Anda harus terlebih dulu bahagia, dengan  mengenal rasa itu dan mengekspresikannya lewat senyum, tertawa atau nyanyian kepada anak maka anak akan ikut bahagia bersama Anda.

2.    Hindari Obsesi Untuk Menjadi Orang Tua Sempurna.
Bunda, mengetahui segala sesuatu tentang si kecil bukan hanya dengan membaca buku panduan tentang bayi atau balita, melainkan Anda dan pasangan di tuntut untuk belajar tentang anak Anda sebagaimana ia belajar tentang banyak hal dari Anda.

3.    Pastikan Anda adalah Orang Tua yang Tangguh
Orang tua yang tangguh disini dimana anak dapat melihat bahwa orang tuanya sanggup mengurus dan memberikan rasa aman bagi dirinya, sehingga anak akan merasa tenang dan nyaman berada di dekat Anda

4.    Sehat Pasti Happy
Agar anak tetap bahagia maka dibutuhkan fisik yang sehat dan bugar, untuk itu selalu pastikan kebutuhan fisik anak terpenuhi.  Seperti cukup tidur dan kebutuhan tercukupi dalam hal gizi yang sempurna. Selain itu selalu waspada apabila si kecil rewel, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebabnya agar Anda bisa mengatasi kerewelannya tersebut.

5.    Atur Aktivitas Pengasuhan dan Waktu Bermain
Dengan terbiasa mengatur waktu baik untuk bermain atau pun untuk belajar sejak dini maka seorang anak akan lebih mudah mengikuti jadawal karena terbiasa, selain itu dengan mengatur jadwal akan membuat si kecil nyaman. Sehingga muncul kesadarannya sendiri untuk melakukan sesuai jadwal tanpa ada rasa terpaksa

6.    Bermain Bersama
Dengan selalu memani balita bermain sesering mungkin, maka secara tidak langsung akan menjadi suatu hal yang menyenangkan baginya, selalu pastikan juga bahwa setiap aktivitas perawatan lain akan menjadi saat  yang menyengankan bersama anak, seperti misalnya bermain air sesaat sebelum mandi atau ajak anak menata peralatan makan bersama menjelang si kecil makan

7.    Belajar Realistis Sejak Dini.
Bunda, agar si kecil bisa merasa gembira, maka si kecil perlu mengenal rasa sedih. Untuk itu jangan mencegah anak dari pengalaman-pengalaman sedihnya, sebaiknya jika si kecil sedang sedih maka biarkan si kecil belajar menyelesaikan masalah yang dihadapinya sendiri. Akan tetapi bukan berarti dia tidak boleh minta tolong, tetapi Anda sebagai orang tua hanya berusaha untuk membantunya menemukan solusi, bukan untuk  menyelesaikannya. Maka sejalan dengan bertambahnya usia, maka anak akan mengerti apa arti bahagia sesungguhnya. Hal lain agar anak menemukan arti bahagia yakni dengan mengajari anak berterima kasih atas kesenangan yang dialaminya, sekecil apapun itu.

Itulah, cara agar anak tumbuh dengan bahagia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply