free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Jahe Ampuh Bantu Atasi Morning Sickness

Apakah Anda termasuk ke dalam salah satu wanita hamil pada trimester awal masa kehamilan yang merasakan morning sickness? Morning sickness jika tidak ditangani dengan tepat maka bisa menjadi sangat berbahaya untuk kesehatan ibu dan juga janin yang dikandungnya. Morning sikness seperti mual dan kadang juga disertai muntah, tidak enak badan, lemas, letih dan kurang bergairah selama kehamilan sering kali membuat aktivitas perempuan hamil terganggu. Dengan berbagai gejala morning sickness ini banyak cara yang dilakukan ibu hamil untuk meredakan, ya, setidaknya dapat  meminimalisasi gangguan ini sehingga kondisi tubuh lebih baik, dan salah satunya cara ampuh yang dipercaya untuk meredakan morning sickness yakni dengan bantuan  jahe. Mengapa jahe?

Dalam sebuah ulasan yang dipublikasikan oleh Journal Obstetrics & Gynecology, menyatakan bahwa jahe dapat membantu para wanita hamil mengatasi derita morning sickness tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan ibu dan juga janin dalam kandungannya. Selain itu dari enam penelitian yang menguji efek jahe dalam mengurangi rasa mual dan muntah pada wanita hamil, telah ditemukan bahwa ternyata jahe berfungsi lebih baik dibandingkan placebo atau obat inaktif seperti vitamin B6, yang mana selama ini telah menunjukkan fungsinya dalam mengurangi mual dan muntah pada beberapa wanita hamil.

Selain khasiat jahe dalam mengatasi morning sickness, dengan mengonsumsi jahe selama kehamilan tidak akan menganggu kesehatan janin dalam kehamilannya, demikianlah yang  dilaporkan oleh para peneliti dalam jurnal tersebut. Dengan itu juga disebutkan bahwa Jahe bisa menjadi terapi yang efektif untuk mengatasi rasa mual dan muntah selama kehamilan.

Akan tetapi para peneliti juga memperingatkan bahwa data ini masih bersifat awal dan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasikan bahwa jahe benar-benar aman untuk dikonsumsi wanita hamil. Bahkan dalam sebuah penelitian lainnya yang mana telah melibatkan 246 wanita, maka jahe selalu mengungguli placebo dalam mengatasi mual dan muntah yang dialami ibu hamil dalam masa awal kehamilan, bahkan pada wanita yang mengalami morning sickness berat yang disebut hyperemesis gravidarum pun dapat teratasi dengan bantuan jahe.

Hasil lain diberikan juga dengan penelitian terbaru yang meneliti para partisipan secara acak yang telah diberikan kapsul yang mengandung 350 mg jahe atau 25 mg vitamin B6 sebanyak tiga kali sehari selama tiga minggu. Dan dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 dalam mengatasi rasa mual dan muntah. Selain itu gejala morning sickness dapat juga  diatasi pada lebih dari separuh jumlah wanita dalam setiap kelompok tersebut.

Walaupun dalam beberapa penelitian lain melaporkan adanya efek samping dari konsumsi jahe seperti contohnya sakit kepala, diare, dan timbul rasa mengantuk. Akan tetapi perlu diketahui juga ternyata tidak terdapat perbedaan mengenai hasil kehamilan antara wanita yang mengkonsumsi placebo, vitamin B6 atau pun jahe.

Nah, bagi calon ibu baru yang sedang dalam masa kehamilan muda, mengkonsumsi segelas air jahe hangat akan membantu menghilangkan mual dan memberikan rasa hangat yang akan menyegarkan tubuh. Selamat mencoba

Leave a Reply