free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Jangan Minum Sambil Berdiri

Larangan minum sambil berdiri telah banyak di ketahui sejak dahulu kala, sebagai mana yang telah di pertegas dalam hadist seperti di bawah ini:

Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda,

“Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”.
(HR.Muslim dan Turmidzi)

Bersabda Nabi dari Abu Hurairah,“Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)
Ajaran agama memang tidak pernah merugikan umatnya, tentu ketika bertindak atau berbuat apapun semua sudah di contohkan oleh Rasulullah termasuk adab ketika Anda minum.

Nah dalam hal ini mengapa kita tidak diperbolehkan minum sambil berdiri ? Tentu hal ini berpengaruh besar pada kesehatan terutama pada  bagian ginjal. Dalam sebuah kajian kesehatan membenarkan bahwa minum sambil duduk lebih sehat di bandingkan saat minum sambil berdiri. Hal ini di karenakan air putih yang kita minum saat duduk akan disaring terlebih dahulu oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler yang berotot, dimana sfringer ini bisa membuka sehingga air kemih bisa lewat dan juga bisa menutup. Jadi setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan tertentu yang berada di ginjal. Jika minum air putih dengan cara berdiri, maka air tersebut masuk tanpa disaring terlebih dahulu. Karena air itu bisa langsung menuju kandung kemih. Dan pada saat langsung menuju kandung kemih, maka akan terjadi pengendapan di saluran ureter.

Dikarenakan banyaknya endapan kotoran yang tersisa di ureter maka tentu menyebabkan penyakit kristal ginjal yang merupakan salah satu penyakit ginjal yang cukup berbahaya. Dan salah satu gejalanya berupa susah buang air kecil. Jadi jika Anda menghadiri sebuah standing party sebaiknya hindari minum air dengan berdiri karena akan menerima efek yang buruk pada organ ginjal. Dan tentu kita tahu salah satu fungsi ginjal yaitu menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh.

Dan untuk menghindari hal tersebut sebaiknya lakukan kebiasaan minum yang baik seperti di bawah ini:
·    Selalu biasakanlah minum sambil duduk, dan ingat jangan pernah sambil berdiri.
·    Sebaiknya perbanyak minum air putih sesuai kebutuhan yang dianjurkan.
Dan untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dalam sehari, sebaiknya kita minum air:
1 s. d 3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari
2 s. d 3 gelas, 1 jam sebelum makan siang
2 s. d 3 gelas, 1 jam sebelum makan malam.

Dengan tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh maka proses metabolisme tubuh akan terpenuhi. Hal ini dikarenakan idealnya tubuh membutuhkan air 2,5 liter air per hari dengan 2,2 liter berasal dari makanan dan minuman, dan  1,3 liter dari metabolisme tubuh.
Air yang di konsumsi idealnya harus keluar lagi dari tubuh setiap harinya dalam jumlah yang sama, dimana 2,5 liter dengan 0,9 liternya dikeluarkan dengan penguapan lewat kulit melalui keringat. Lalu 1,5 liter melalui urine, dan 0,1 liter melalui feces.

Berdasarkah keterangn di atas jadi jelaslah mengapa minum Air tidak boleh berdiri.

Leave a Reply