free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan

Setiap orang tentunya menginginkan memiliki keturunan, dan untuk mendapatkan keturunan dibutuhkan keadaan yang sehat. Baik si istri maupun suami. Tetapi apabila setelah lama menunggu setiap bulan, setahun, dua tahun atau bahkan lebih tetapi belum juga dikaruniai buah hati. Jangan dulu putus asa, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Banyak hal yang memicu seseorang susah untuk hamil salah satunya adalah ketidaksuburan atau infertility. Dan faktor ketidaksuburan yang terjadi pasangan suami isteri banyak penyebabnya, contohnya seperti faktor genetik dan pola makan. Menurut Standard American Diet (SAD) menyatakan bahwa infertilitas terjadi sebanyak 30% dikarenakan pola makan yang tidak sehat seperti pola  makan yang tinggi lemak dan tinggi gula tetapi rendah akan asupan nutrisi lain.

Apabila Anda telah berkonsultasi dengan dokter dan dinyatakan tidak ada masalah yang serius, maka cobalah untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan seperti di bawah ini:

1.    Kacang Hijau dan Kecambah

Memang sudah diketahui bahwa kacang hijau memiliki manfaat salah satunya yaitu untuk meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan, hal ini dikarenakan kacang hijau banyak mengandung vitamin E, dimana Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas yang merugikan, juga dapat melindungi sel-sel telur  dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas tersebut. Selain kacang hijau, kecambah juga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan karena mengandung vitamin B6 yang merupakan salah satu nutrisi untuk mengatur hormon reproduksi.

2.    Serbuk Kurma

Masyarakat percaya dengan bentuk serbuk kurma yang sangat mirip dengan cairan sperma laki-laki memiliki manfaat untuk mengatasi tingkat kemandulan baik pada pria maupun wanita. Serbuk kurma dipercaya sebagai obat alternatif yang sangat berkhasiat dan aman untuk membantu mengatasi pasangan suami isteri yang belum juga dikaruniai keturunan

3.    Asparagus

Asparagus banyak mengandung asam amino asparagines. Dimana zat  tersebut berfungsi untuk merangsang ginjal serta membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Selain itu ada juga zat lain yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi dalam darah serta dapat membantu untuk melepaskan lemak yang berada di dinding pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

4.    Teh

Teh dikenal sebagai sumber anti oksidan dimana berfungsi sebagai zat yang dapat mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh. Proses oksidasi tentu dapat merusak sel-sel yang berada di dalam tubuh, dan dengan kandungan yang terdapat pada teh diharapkan mampu menjadi penangkal kerusakan sel-sel tersebut.

5.    Produk Susu

Dengan mengkonsumsi produk susu seperti yogurt atau keju dimana merupakan sumber protein tertinggi yang tentu dapat meningkatkan kesuburan. Tetapi apabila Anda alergi terhadapa susu sapi, maka dapat  digantikan dengan susu kedelai yang mempunyai protein yang sama tinggi.

6.     Tiram Laut

Pada tiram laut mengandung Zing atau zat seng yang diperkaya dengan L-carnitine dan L-arginine. Yang berfungsi untuk meningkatakan kualitas dan produksi sperma, maka volume ejekulasi akan meningkat.

7.    Alpukat

Buah Alpukat mengandung vitamin B6 yang mana berfungsi untuk meningkatkan produksi hormon priua dan juga kandungan potassiumnya berfungsi untuk mengatur tiroid wanita. Dalam buah alpukat juga mengandung betakaroten, klorofil, vitamin E, B kompleks dan asam folat yang dapat membantu melancarkan metabolisme protein sehingga dapat meninkatkan energi di dalam tubuh.

8.    Jahe dan Lengkuas

Jahe mengandung banyak zat Sineol yang berfungsi sebagai pencegah ejekulasi dini, selain itu juga dapat merangsang ereksi dan melancarkan peredaran darah. Jika tidak ada jahe maka lengkuaspun dapat dikonsumsi karena memiliki fungsi yang sama seperti jahe.

9.    Madu

Madu dikenal merupakan obat yang mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena zat yang terkandung di dalam madu sangat mudah dicerna dalam darah sehat. Termasuk juga untuk meningkatkan kesuburan

10.    Vitamin D

Apabila seseorang kekurangan vitamin D maka dapat menurunkan tingkat kesuburan sampai dengan 75%, hal ini dikarenakan Vitamin D sangat berperan penting dalam metabolisme kalsium di jaringan reproduksi. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi vitamin D sebanyak 4000 iu perhari. Dan Vitamin D tersebut dapat diperoleh melalui sinar matahari pagi, mengkonsumsi telur, minyak ikan, ikan tuna atau salmon dan juga susu.

Nah demikianlah berbagai jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan seseorang. Apabila tingkat kesuburan seseorang sudah baik maka akan mudah untuk memiliki keturunan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply