free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Jenis Vitamin Yang Diberikan Dokter Kepada Ibu Hamil

Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk seorang ibu hamil memerlukan pemenuhan nutrisi yang cukup, dimana merupakan hal yang paling utama, karena makanan ibu hamil yang dikonsumsi tentu akan membawa pengaruh bagi perkembangan bayi di dalam rahim. Akan tetapi sering kali ibu hamil kurang mengetahui  jenis makanan harian apa yang dapat  memenuhi tingkat kebutuhan gizi  ibu hamil dan janin sehingga banyak dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen. Salah satu vitamin yang disarankan dokter untuk ibu hamil yakni Vitamin E. Mengapa vitamin E? Karena menurut beberapa data menunjukan bahwa mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah yang cukup maka akan berpengaruh positif bagi pertumbuhan janin.

Selain itu dengan mengkonsumsi vitamin E terbukti akan membuat peningkatan berat badan bayi mulai usia 28 minggu, yang mana secara otomatis akan menghindarkan bayi lahir dengan berat badan yang kurang. Hal ini terjadi karena vitamin E sangat membantu dalam  proses penyerapan lemak oleh tubuh. Selain vitamin E, vitamin lain yang diberikan dokter untuk ibu hamil yakni vitamin B. Vitamin B sendiri memiliki beragam jenis seperti vitamin B 1, B2 dan B3 dimana sangat bermanfaat untuk mendorong petumbuhan berat badan yang optimal bagi janin.

Lalu mengapa vitamin B sangat di butuhkan oleh ibu yang sedang hamil dan juga janinnya? Dalam hal ini manfaat vitamin B1 sendiri yakni mampu mengubah karbohidrat menjadi energi, sedangkan untuk manfaat vitamin B2 yakni mampu membantu proses penyerapan protein oleh tubuh. Dan manfaat vitamin B3 sendiri mampu membantu pembentukan dan perkembangan sistem syaraf tulang belakang pada janin. Dan satu lagi yakni manfaat vitamin B6 adalah merupakan pembentuk anti body dan juga pembentuk sel darah merah atau hemoglobin. Seperti yang kita ketahui bahwa ibu hamil terkadang sering mengalami anemia atau pengurangan sel darah merah, sehingga akan membuat tubuh menjadi lemas, maka untuk mengatasi hal tersebut pemberian vitamin ini akan menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu manfaat vitamin ini juga akan mampu mengurangi rasa mual pada usia awal kehamilan atau trismester pertama kehamilan, dengan bantuan vitamin tentu akan meringankan beban atau menghilangkan berbagai keluhan di awal-awal masa kehamilan. Mengkonsumsi vitamin B12 juga ternyata mampu membantu pembentukan sel darah merah serta dapat mendorong perkembangan otak dan syaraf janin di dalam perut. Selain konsumsi vitamin E dan B mengkonsumsi vitamin D juga diperlukan oleh ibu hamil. Dimana manfaat vitamin D sendiri yakni untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi baik untuk ibu hamil dan juga si janin. Fungsi Vitamin D sendiri yakni dapat membantu dalam proses penyerapan kalsium pada makanan ibu hamil, serta ampuh untuk memaksimalkan fungsi kalsium bagi tubuh.

Nah, itulah beberapa jenis vitamin yang bisanya sering di berikan Dokter kepada ibu hamil. Bunda, semoga informasi ini dapat bermanfaat sehingga Anda dan bayi Anda dapat lahir dengan selamat.

Leave a Reply