free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Jika Gadget Anda Terendam Air

Datangnya musibah tidak ada seorang pun yang tahu, begitu juga dengan kita yang tidak tahu apa yang akan terjadi pada beberapa menit kemudian. Tapi tentu kita dapat mensiasati dengan persiapan yang matang apabila sesuatu terjadi kepada kita. Seperti misalnya saja gadget kesayangan Anda jatuh tercebur ke dalam got, laptop atau kamera di tas terkena air hujan, dan lain sebagainya. Nah, lalu apa yang Anda lakukan jika hal ini terjadi pada Anda. Jangan panik ladies, jika hal seperti ini menimpa Anda, Anda hanya cukup dengan mengikuti panduan sederhana di bawah ini , dimana salah satu gadget kesayangan terjatuh ke dalam air, berikut panduannya !

  1. Apabila gadget Anda seperti laptop, kamera, ponsel dan lain sebagainya terjatuh ke dalam genangan air maka langkah pertama adalah mematikan dan mengeluarkan baterainya. Hal ini karena saat lembap, daya yang masuk menuju sirkuit bisa menyebabkan kerusakan yang tidak bisa dicegah. Setelah itu kemudian segera keluarkan setiap bagian yang bisa dilepaskan, seperti misalnya memory card dan SIM card.
  2. Kemudian cobalah untuk memiringkan atau mengocok gadget Anda, hal ini untuk mengeluarkan air sebanyak yang Anda bisa dari gadget Anda tersebut, tetapi perlu di ingat tetap lakukan dengan lembut agar tidak merusak bagian lain.
  3. Sebaiknya gunakan handuk kertas untuk mengelap dan mengeringkan gadget. Dan perlu di ingat lagi tetap berhati-hati dan tidak melakukannya dengan kasar saat menyeka bagian dalamnya.
  4. Bantuan udara tentu akan membantu mengeringkan gadget basah Anda, tetapi jangan pernah meninggalkan gadget di bawah kipas angin di ruang terbuka atau juga menggunakan pengering rambut atau hairdryer untuk mengeringkan, karena sebenarnya udara panas tidak baik untuk alat elektronik. Akan lebih baik jika Anda memegang gadget yang basah di depan ventilasi AC selama beberapa menit.
  5. Mungkin cara ini cara yang aneh tapi dengan mengubur gadget basah Anda dalam beras akan membantu menghilangkan kelembapan, hal ini dikarenakan akan diresap oleh beras itu sendiri. Caranya persiapkan panci dan isi dengan beras yang bersih atau sudah diayak kemudian secara perlahan masukkan gadget dan timbun dalam beras. Semakin lama Anda merendamnya, maka semakin kering gadget Anda. Dengan waktu satu hari penuh biasanya akan cukup untuk mengeringkan ponsel Anda yang basah karena hujan atau tercebur air. Jika dirasa belum cukup kering, maka Anda bisa merendamnya lebih lama lagi.
  6. Setelah Anda mengeluarkan gadget dari timbunan beras, maka jangan buru-buru diaktifkan karena tentu masih ada sisa air yang tidak terlihat di dalamnya. Langkah selanjutnya yakni dengan mencelupkan cotton bud ke dalam alkohol, lalu dengan lembut oleskan pada bagian yang tampak lembap. Dengan hal ini akan membantu air menguap lebih cepat ketika Anda mengistirahatkannya
  7. Nah, jika Anda masih merasa ada kelembapan yang tersisa di perangkat gadget Anda, sebaiknya letakkan di atas handuk selama beberapa jam sebelum mengulangi langkah-langkah yang dimulai dengan merendam ponsel di dalam beras. Tetapi apabila Anda telah yakin bahwa tidak ada lagi kelembapan dalam gadget, maka Anda bisa memasang kembali bagian yang dibongkar dan segera mengaktifkannya.

Wah, cukup menegangkan memang apabila mengikuti tiap langkahnya jika gadget Anda benar-benar tercebur air. Tapi kini Anda tidak akan panik lagi jika hal tersebut terjadi karena Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan.

Leave a Reply