free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kapan Kesuburan Akan Menurun?

Saat ini seperti kita ketahui telah banyak pasangan menikah tapi menunda untuk punya anak, hal ini tentu didukung dengan bayak alasan, mulai dari membangun karir sampai dengan belum siapnya menyambut anggota keluarga baru. Dan setelah beberapa waktu berjalan, tiba-tiba mereka baru menyadari bahwa peluang mereka untuk hamil ternyata sudah berkurang. Hal ini didikung dengan penemuan jumlah perempuan di Inggris yang menjadi ibu baru pertama kalinya pada usia 40-an dan telah meningkat 15 persen dalam lima tahun terakhir.

Nah, bagi Anda yang memang sedang menunda kehamilan, sebaiknya waspada usia berapa Anda harus mulai khawatir jika kesuburan akan mulai menurun? Sebenarnya, tidak ada angka khusus mengenai penurunan kesuburan wanita, akan tetapi sebagai seorang wanita kita harus tahu bahwa sel telur akan menurun kualitasnya seiring dengan bertambahnya usia. Kecepatan penurunan kesuburan pada setiap wanita memang bervariasi akan tetapi akan menurun tajam setelah sekitar menginjak umur 35 tahun. Maka, semakin sadar akan kesuburan tentunya akan semakin baik, jadi  tidak perlu menunggu lama untuk segera hamil sebelum kesuburan mulai menurun

Bahkan meurut National Health Service juga sepakat menyatakan bahwa usia 35 merupakan usia kunci mengenai batas kesuburan seorang perempuan. Dan seorang perempuan mendapati mereka dalam keadaan paling subur yakni ketika berusia awal 20-an, dan setelah itu maka kesuburan akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Dan kemudian setelah mengnjak usia 35 tahun, maka penurunannya akan semakin tajam.

Mengapa demikian? Karena seorang perempuan yang berada dalam kelompok usia 19 s.d 26 tahun maka memiliki peluang ganda untuk dibuahi pada setiap siklus menstruasinya dibandingkan kelompok usia 35 s.d 39 tahun,ujar Jane Knight, seorang spesialis perawatan kesuburan dari Fertility UK.

Selain itu Jane menambahkan bahwa bukan hanya karena Anda masih menstruasi secara rutin, maka tidak berarti Anda akan mudah hamil.

Selain itu pada usia lebih dari 35 tahun juga maka kemungkinan untuk hamil melalui perawatan kesuburan seperti contohnya bayi tabung juga akan lebih kecil. Jika terjadi kehamilan pun sering kali lebih cenderung mengalami keguguran. Akan tetapi bagi Anda yang berusia lebih dari 35 tahun bukan  berarti peluang-peluang tersebut tertutup sama sekali. Dan Anda bisa mulai khawatir ketika memasuki usia 37 tahun karena pada saat itulah kualitas sel turun dengan sangat tajam.

Selain masa subur yang kan menurun pada usi 35 tahun, Anda juga perlu mengetahui kapan usia menopause ibu Anda, karena hal ini juga mungkin akan berpengaruh pada kesuburan Anda, karena usia menopause dapat menurun secara genetik. Dan perlu diketahui juga bahwa seorang perempuan mungkin tidak akan subur lagi sampai dengan  10 tahun sebelum masa menstruasinya yang terakhir.

“Rata-rata usia menopause sekitar 51, tapi banyak perempuan yang akan mengalami menopause lebih dini,” tukas Jane.
Nah, jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa sebaiknya seorang perempuan jangan menunda kehamilan sampai dengan usianya memasuki usia yang rawan akan turunnya kesuburan seperti pada usia 35 yang mana kesuburan seorang wanita akan menurun tajam.

Leave a Reply