free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Keluhan Sakit Kepala Saat Kehamilan, Ini Dia Peyebabnya

Ketika mulai saat memasuki masa kehamilan sampai dengan Anda akan melahirkan mungkin masalah sakit kepala akan menjadi sesuatu hal yang biasa dan wajar. Ya, karena pada umumnya wanita yang sedang hamil akan mendapatkan keluhan sakit dan nyeri pada kepala. Walaupun sakit kepala yang dialami setiap wanita yang sedang hamil berbeda-beda tetap saja akan mengganggu aktifitas sehari-hari walaupun kadar sakit kepala sendiri tidak seberat seperti saat Anda sakit punggung atau bengkak di kaki selama kehamilan. Lalu apa penyebab sakit kepala tersebut selama masa kehamilan? Berikut ini beberapa penyebab yang menyebabkan keluhan sakit kepala saat masa kehamilan, seperti yang dilansir Boldsky berikut ini :

1.    Adanya Faktor Hormonal
Seperti kita tahu bahwa tubuh seorang wanita akan mengalami gejolak hormonal selama dalam masa kehamilan. Dan tidak bisa di pungkiri bahwa hal inilah yang terkadang dapat menyebabkan rasa nyeri di kepala. Dan untuk mengatasinya ibu hamil di sarankan untuk mencari udara segar di luar atau dengan cara lain seperti dengan cara meningkatkan suasana hati yakni seperti menyantap makanan kesukaan seperti cokelat.

2.    Gula Darah Menurun
Bagi Anda yang kerap kali merasakan sakit kepala di sore hari selama kehamilan mungkin ini  dikarenakan rendahnya kadar gula darah Anda. Maka untuk mensiasati hal tersebut sebaiknya konsumsi makanan penambah energi yang mana efektif untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda.

3.    Adanya Ketegangan
Nyeri atau sakit kepala terjadi ketika Anda mengalami stres atau mengalami ketegangan. Dan biasanya hal seperti ini sering terjadi saat trimester pertama kehamilan. Dimana pada trimester kehamilan pertama ini selain sakit kepala Anda juga akan mengalami mual, muntah, tidak enak badan dan lain sebagainya. Maka untuk mensiasatinya sebaiknya Anda berlatih beberapa teknik relaksasi seperti meditasi dan juga yoga.

4.    Merokok dan Konsumsi Kafein
Merokok seperti kita tahu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dan jika Anda merupakan  seorang perokok atau pecandu kafein, maka sudah pasti Anda akan menderita sakit kepala yang menyakitkan selama dalam masa kehamilan. Untuk itu dokter akan menyarankan Anda untuk berhenti merokok dan mengurangi konsumsi kafein. Tentu saja hal ini untuk kebaikan Anda dan juga janin di dalam perut Anda

5.     Kondisi Lingkungan
Selain ke empat faktor di atas, faktor kelima ini juga bisa menyebabkan sakit kepala selama kehamilan. Ya, faktor lingkungan sendiri mampu berperan menimbulkan sakit kepala selama kehamilan. Seperti contohnya lingkungan sekitar tempat tinggal Anda sangat ramai dan bising sehingga membuat Anda kerap kali terganggu dengan suara-suara keras yang sangat memekakkan telinga. Untuk mensiasatinya Anda bisa pidah sementara atau pergi ke tempat-tempat yang tenang dan nyaman, sehingga tubuh Anda akan merasa rileks dan tidak stress

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan sakit kepala pada saat memasuki masa kehamilan, untuk itu sebaiknya hindari pemicu sakit kepala tersebut agar kehamilan Anda menjadi masa yang menyenangkan. Sehingga Anda dan si buah hati dapat sehat dan selamat sampai melahirkan kelak.

Leave a Reply