free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Ciri-ciri Gorengan Berbahaya

Siapa yang tidak suka ngemil? Ngemil di sela-sela bekerja atau pun sebagai cemilan pengganjal perut sebelum waktu makan tiba sudah menjadi hal yang biasa. Cemilan seperti Cokelat, keripik, kacang, roti atau makanan ringan lainnya selalu tersedia untuk mengisi perut keroncongan Anda. Selain berbagai macam makanan dalam kemasan, gorengan merupakan salah satu camilan favorit, selain karena memiliki banyak varian, gorengan  juga memiliki rasa yang enak. Disamping itu gorengan pun sangat mudah dijumpai dimana pun. Bisa didapatkan di warung terdekat atau bahkan di penjual gorengan yang biasanya membuka lapak di pinggir jalan.

Gorengan yang masih panas dan di santap dengan cabe rawit selalu menjadi godaan tersendiri bagi penikmatnya. Tapi ternyata kenikmatan dan kerenyahan gorengan ini tentunya tidak baik bila dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan. Hal ini karena gorengan mengandung kolesterol tinggi dan juga kandungan lainnya yang tidak baik untuk tubuh. Bahkan sekarang ini ada penjual gorengan yang curang dimana mereka menambahkan plastik ke dalam minyak goreng untuk menggoreng gorengan tersebut agar gorengan renyah dan tidak mudah basi

Tentu saja dengan adanya fakta ini membuat para penikmat gorengan menjadi miris dan ragu untuk membelinya lagi, tapi jika Anda sangat menggemari gorengan dan ingin menikmati gorengan yang sehat dan higienis tentu ada tips untuk mengenalinya. Nah, sekarang simak cara mengenali ciri-ciri gorengan yang mengandung bahan berbahaya dan tidak layak untuk dikonsumsi seperti di bawah ini:

1.    Terdapat Bercak-bercak Putih pada Gorengan
Waspada jika Anda menemukan adanya bercak putih pada gorengan, hal ini berasal dari plastik yang dilelehkan di dalam minyak goreng. Bercak putih berasal dari plastik yang melelehnya tidak sempurna sehingga menggumpal dan menempel pada kulit gorengan.

2.    Gorengan dengan Warna Mengkilap
Kenali juga warna gorengan yang akan Anda konsumsi, jika gorengan dengan warna mengkilap maka ini berarti digoreng dengan minyak goreng yang dicampur dengan plastik. Untuk itu sebaiknya hindari membeli gorengan dengan warna kuning keemasan yang mencolok.

3.    Gorengan Terasa Renyah Tapi Sedikit Pahit
Apabila Anda membeli gorengan sudah berjam-jam yang lalu tetapi gorengan masih renyah dan berasa sedikit pahit? Ini berarti gorengan yang Anda beli mengandung kapur yang kemudian dicampurkan dengan adonan gorengan. Fungsi kapur disini adalah untuk membuat gorengan awet dan tetap renyah walau sudah dingin selama berjam-jam.

4.    Gorengan Dijual dengan Harga yang Sangat Murah
Jika Anda ditawari untuk membeli gorengan dengan harga murah dan jauh berbeda dengan harga gorengan lainnya maka Anda patut waspada karena bisa saja gorengan tersebut sudah basi akan tetapi di goreng kembali atau mengandung formalin sehingga awet hingga berhari-hari lamanya.

5.    Gorengan dengan Bau Menyengat
Apabila Anda mendapati gorengan berbau menyengat dan memiliki rasa yang sedikit aneh maka gorengan tersebut mengandung terlalu banyak MSG dan penyedap rasa lainnya. Seperti kita tahu bahwa MSG dan penyedap rasa tidak baik dikonsumsi dalam kuantitas yang banyak, jadi sebaiknya hindari membeli gorengan seperti ini.

Nah itulah ciri gorengan yang tidak sehat, jika Anda merupakan penikmat gorengan maka Anda dapat membuat gorengan sendiri di rumah, jadi Anda akan menikmati gorengan tanpa kekhawatiran. Selain bersih dan sehat, gorengan yang di buat sendiri di rumah akan terhindar dari bahan-bahan berbahaya. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat sehingga Anda dapat memilih gorengan mana yang baik untuk di konsumsi dan tidak untuk di konsumsi

Leave a Reply