free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Jenis bakteri Penyebab Keputihan

Bagi seorang wanita pasti selalu mendambakan kecantikan baik cantik dari dalam maupun dari luar. Dalam hal ini termasuk juga kecantikan organ kewanitaan. Dan yang selalu menjadi salah satu masalah bagi setiap wanita dengan organ intimnya yakni keputihan, karena tidak jarang faktor keputihan ini dapat menggangu aktifitas sehari-hari karena menimbulkan ketidaknyamanan. Keputihan sendiri yakni suatu kondisi dimana keluarnya sekret atau cairan dari vagina. Sekret tersebut bervariasi. Ada yang masih masuk dalam kategori normal dan tidak normal atau telah terinfeksi.

Salah satu penyebab keputihan sendiri yakni adanya infeksi dari bakteri, jamur dan juga parasit. Lalu bakteri atau jenis jamur apakah yang menjadi penyebab keputihan? Simak selengkapnya berikut ini :

1.    Jamur Candida
Pada wanita sendiri masalah keputihan yang paling utama biasanya sering terjadi adalah disebabkan oleh jamur candida seperti candida albicans. Dimana cairan yang dikeluarkan yakni berupa cairan yang berwarna pekat putih. Disebabkan oleh jamur ini maka penderita akan mengalami gatal di bagain vagina. Selain itu juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman sewaktu buang air kecil dan bahkan saat berhubungan intim. Sebenarnya jamur candida  ini memang secara normal ada dalam vagina seorang wanita dan tidak akan menyebabkan masalah apa-apa. Akan tetapi jamur ini akan menyebabkan keputihan jika pertumbuhannya disaingi oleh bakteri yang menduduki tempat yang sama sehingga sehingga terjadi keseimbangan.

Untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh jamur ini maka dapat menggunakan obat anti jamur yang dapat diminum atau oral atau juga bisa menggunakan obat bentuk ovula yang dimasukkan ke dalam vagina atu sppositoria, dimana penggunaan obat ovula ini akan sangat efektif jika dimasukkan ke dalam vagina sedalam mungkin dan digunakan sesaat sebelum tidur.

2. Infeksi Bakteri Seperti Gardnerella
Bakteri Gardnerella sendiri merupakan salah satu genus dari bakteri gram-variabel yang merupakan suatu spesies yang menyebabkan bacterialvaginosis pada wanita. Bentuknya sama seperti jamur tetapi discharge biasanya berwarna putih atau kekuningan dan berbau-bau ikan. Pada umumnya kental dan berbau. Akibatnya dapat menimbulkan rasa gatal. Dan apabila rasa gatal itu digaruk maka akan terjadi infeksi sekunder yang memperparah keadaan selain keputihan itu sendiri. Maka untuk mengatasinya bisa menggunakan antibiotik baik secara oral maupun ovoid

Itulah beberapa jenis bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan keputihan. Maka untuk dapat menghidari keputihan yang tidak normal bahkan terjdi infeksi pada organ intim Anda sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Selalu bersihkan organ intim Anda dengan menggunakan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina.
  2. Sebaiknya hindari pemakaian bedak pada organ intim yang mana tujuannya agar vagina harum dan kering sepanjang hari.
  3. Selalu gunakan celana dalam yang kering dan gunakan bahan yang dapat menyerap keringat
  4. Selalu jaga kebersihan organ intim Anda

Itulah beberapa tips untuk menghindari terkena keputihan yang berlebihan dan berbahaya, semoga tips yang sederhana tadi dapat diaplikasikan sehingga akan terhindar dari keputihan yang akan mengganggu ketidaknyamanan Anda.

Leave a Reply