free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Tanda-tanda Kehamilan Kembar

Kenalilah Ciri-ciri anda mengandung anak kembarSiapa nih yang ingin punya anak kembar? Anak kembar biasanya akan sangat lucu kalau dipakaikan baju atau apapun yang persis sama, terlebih lagi jika yang kembar adalah anak perempuan. Wah pasti cantik dan manis ya?

Memiliki anak kembar tentu hanya Tuhanlah yang menentukan, anda ingin ataupun tidak tetap Tuhan yang menentukan. Walaupun memiliki anak kembar cenderung ada riwayat historis biologisnya dari orang tua dan atau leluhur anda.

Biasanya seorang ibu hamil tersebutlah yang pertama kali mengetahui apabila bayinya kembar. Terlebih lagi apabila ibu tersebut pernah mengalami kehamilan sebelumya. Biasanya jika sedang hamil anak kembar maka akan merasakan gerakan-gerakan bayinya lebih ramai, selain itu, perut juga terasa lebih besar dibandingkan kehamilan biasa. Namun, alangkah baiknya dilakukan USG (Ultrasonografi) untuk memastikan kebenaranya.

Lalu apa saja ciri–ciri kehamilan kembar? Kehamilan kembar sendiri sebenarnya bisa terdeteksi secara klinis yakni jika dilihat dari besarnya perut, jika kembar maka perut akan tampak tiga bagian lebih besar atau bahkan lebih. Apabila hamil anak tunggal, anda akan meraba dua bagian besar saja, yakni kepala dan bokong. Sedangkan pada kehamilan kembar, maka anda bisa merasakan satu bokong dengan dua kepala atau dua bokong dengan dua kepala.

Kehamilan kembar sendiri sebenarnya tidak membuat bayi lebih nyaman. Karena bayi kembar secara logika harus berdesakan di dalam rahim ibunya. Sehingga tidak mengherankan jika pertumbuhan fisiknya menjadi terbatas. Maka sebagai akibatnya, berat badan bayi akan di bawah berat bayi tunggal normal. Jadi berat seorang bayi kembar pertumbuhan beratnya biasanya lebih ringan dibandingkan pada kehamilan tunggal.  Walaupun si bayi lahir kembar,  berat badan masing-masing janin bisa jadi tidak sama persis. Perbedaan beratnya bisa berkisar antara 50 sampai dengan 1.000 gram. Hal ini tentu saja disebabkan karena pembagian sirkulasi darah dan makanan dari ibu yang tidak sama, sehingga janin yang satu tumbuh lebih cepat dibandingkan janin yang lain.

Nah, apabila dalam kompetisi di dalam rahim itu salah satu janin kalah telak, maka yang kalah pertumbuhannya cenderung terhambat bahkan  bisa jadi meninggal. Sedangkan saudaranya akan tumbuh terus hingga lahir. Dengan adanya kemungkinan ini maka diperlukan pemeriksaan ketat lewat USG oleh dokter yang ahli.

Untuk menghindari atau meminimalisir masalah-masalah yang akan dihadapi pada kehamilan bayi kembar, ada beberapa langkah yang  bisa Anda lakukan bersama dengan pasangan, yaitu seperti di bawah ini :

1.    Penuhi Kebutuhan Nutrisi
BBLR atau Berat Bayi Lahir Rendah merupakan salah satu dari kebanyakan permasalahan dengan kelahiran kembar. Untuk mensiasati hal ini maka si ibu harus memenuhi nutrisi makanan yang cukup dan sehat, tidak lupa di imbangi dengan diet yang sehat, hal ini bertujuan untuk membantu menghindari adanya kemungkinan komplikasi. Sebaiknya dalam menjalani masa kehamilan kembar diperlukan tambahan 300 sampai dengan 500 kalori per hari. Tentunya dengan makan berbagai variasi makanan yang seimbang pula.

2.    Pemeriksaan Antenatal Care (ANC)
Kehamilan kembar sangat disarankan melakukan pemeriksaan Antenatal Care secara rutin. Hal ini sangat berguna untuk memonitor kehamilan kembar yang dapat membantu menurunkan resiko atau komplikasi yang mungkin akan terjadi pada kehamilan kembar.

3.    Cukup Beristirahat
Dengan kehamilan kembar maka tubuh bekerja dua kali lebih keras, untuk itu maka dibutuhkan istirahat dua kali lebih banyak. Apabila Anda seorang wanita yang bekerja maka dokter akan menganjurkan Anda untuk mengambil cuti kerja lebih awal atau apabila memungkinkan dokter akan menyarankan untuk bedrest di rumah.

Nah, itulah informasi mengenai kehamilan kembar. Semoga bermanfaat ya bunda.

Leave a Reply