free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Keputihan Pada Organ Intim Anda

Sebagai kaum wanita, pasti tidak asing lagi dengan keputihan, dan keputihan itu sendiri adalah keluarnya cairan bukan darah yang berlebihan dari kelamin. Keputihan yang masih normal mengandung lepasan jaringan vagina, jaringan leher rahim, lendir endoserviks dan bakteri yang baik terutama golongan Lactobacillus. Dan keputihan ini adalah sesuatu yang alamiah untuk membersihkan diri, sebagai pelicin dan pertahanan dari berbagai macam infeksi. Dan pada fase pematangan telur maka jumlah cairan yang keluar akan semakin meningkat yaitu pada masa ovulasi.

Nah, lalu bagaiman ciri-ciri keputihan yang normal :

·    Bentuknya masih cair/encer
·    Berwarna bening atau sedikit putih
·     Keluar dalam jumlahnya sedikit
·    Hampir tidak berbau
·    Memiliki pH asam, antara 3,8 – 4,5
·    Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

Selain keputihan yang masih normal dan wajar ada juga keputihan yang abnormal / patologis ? Cirinya sebagai berikut :

·    Bentuknya kental
·    Cenderung berwarna putih susu, kuning atau hijau
·    Keluar dalam jumlah banyak
·    Berbau tidak sedap
·    Menimbulkan gatal dan nyeri
·    Mengandung darah

Penyebab keputihan yang abnormal / patologis ini biasanya terjadi karena kurangnya kebersihan organ kewanitaan, pemakaian obat-obatan dalam jangka waktu lama terutama antibiotik, adanya stress, adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, gonorrhoe, parasit trichomonas, jamur Candida dan virus seperti HPV, Herpes, dan AIDS, selain itu juga dikarenkan adanya penyakit kanker leher rahim

Apabila keputihan yang abnormal tidak segera ditangani tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh, karena apabila terjadi infeksi pada vagina yang tidak ditangani dengan baik maka dapat menyebar ke sistem reproduksi bagian atas sehingga memicu radang, penyumbatan lubang dan saluran sistem reproduksi. Tentu ini dapat mengakibatkan infertilitas / kemandulan. Dan untuk memastikan penyebab keputihan abnormal tersebut segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan sekret vagina dan Pap smear, adanya perkembangbiakan kuman dan tes resistensi.

Untuk menghindari terjadinya keputihan, Anda dapat melakukan hal-hal seperti di bawah ini :

  1. Tetap menjaga kebersihan daerah organ intim Anda agar tetap bersih dan higienis
  2. Sebaiknya hindari mandi, berendam, berenang pada kolam umum yang tentu tidak terjamin kebersihan airnya.
  3. Biasakan selalu gunakan celana dalam dari bahan katun, agar dapat menyerap keringat dan yang perlu di ingat jangan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat.
  4. Sebaiknya untuk menghindari keputihan yang berlebih, hindari stress
  5. Apabila keputihan sudah pada tahap yang tidak normal segera beronsultasi dengan dokter karena dokter akan memberikan obat-obatan sesuai dengan penyebab keputihan yang dialami.
  6. Apabila setelah pengobatan dari dokter keputihan tidak juga sembuh, maka sebaiknya dicek kembali. Dengan adanya keputihan yang terus menerus kemungkinan dapat disebabkan oleh adanya penyakit serius seperti kanker leher rahim. Dan jika dikarenakan penyakit berbahaya seperti kanker akan ditandai dengan cairan keputihan yang banyak, bau busuk, dan kadang sering disertai darah tak segar.

Itulah beberapa keterang tentang keputihan yang harus Anda ketahui, semoga dengan penjelasan di atas Anda bisa lebih tahu tentang keputihan yang sering terjadi pada kaum wanita

Leave a Reply