free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Khasiat Buah Dan Sayur Dari Warnanya

Seperti kita tahu bahwa buah memiliki rasa, bentuk dan warna yang berbeda-beda. Ladies tahu ga sich bahwa ternyata pada masing-masing warna buah dan sayur ternyata melambangkan senyawa spesifik (fitokimia) yang berkhasiat untuk menangkal berbagai penyakit. Mau tahu apa saja khasiat buah dari warnanya? Yuk simak selengkapnya berikut ini :

1.    Hijau
Sebagian warna sayuran memang hijau, contohnya seperti kangkung, bayam, caisim, daun singkong, dan juga brokoli. Ternyata warna hijau pada sayur mengandung zeaxanthin dimana dapat membantu mencegah kanker usus besar serta menjaga kesehatan mata. Sehingga dengan mengkonsumsi sayuran berwarna hijau dapat terhindar dari degenerasi makula atau gangguan yang bikin kita sulit untuk melihat detail. Selain itu sayuran hijau juga mengandung zat besi sebagai pencegah anemia, juga kaya klorofil dan magnesium dimana akan menjaga kesehatan syaraf. Nah, untuk buah berwarna hijau sendiri seperti alpukat, anggur hijau, melon dll banyak mengandung asam alegat dimana mampu mencegah kanker serta dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

2.    Merah
Buah dengan warna merah sepertinya buah yang paling sering di jumpai dan paling mudah didapatkan, seperti contohnya buah apel, stroberi, tomat, jambu merah, semangka dll. Nah, warna merah pada buah mengandung zat antosianin, carotenoid, dan likopen. Dimana Antosianin sangat berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih. Likopen dapat membantu menghambat fungsi kemunduran mental agar kita nggak gampang pikun. Sedangkan sayuran dengan warna merah seperti bayam merah atau paprika merah ternyata memiliki manfaat pada kandungan flavonoidnya, yaitu sebagai pencegah kanker dan juga mengandung vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh.

3.    Kuning
Buah yang berwarna kuning seperti nanas ternyata mengandung vitamin C dan karotenoid tinggi dimana berfungsi mencegah gangguan di saluran pencernaan. Selain buah nanas, buah bwerwarna kuning lain seperti belimbing, pisang, dan buah persik sebenarnya memiliki kalium yang akan menjaga cairan tubuh dan mengatur tekanan darah. Untuk sayuran yang berwarna kuning seperti paprika kuning, labu, jagung dll ternyata mengandung karotenoid yang akan mencegah kita terserang penyakit katarak, jantung koroner, dan stroke

4.    Oranye
Seperti kita tahu bahwa yang menyebabkan buah dan sayur berwarna oranye adalah  beta karoten. Beta karoten sendiri mampu menghambat penuaan sel dan mencegah penyakit jantung. Untuk sayuran berwarna oranye sendiri seperti wortel dan ubi jalar mengandung kalsium pektat yang mampu menurunkan kadar lemak dalam darah.

5.    Ungu
Buah berwarna ungu seperti halnya buah blueberry ternyata mengandung anthocyanin dimana mampu membantu menghambat terbentuknya gumpalan dalam darah sehingga akan menurunkan risiko penyakit kanker dan stroke. Anthocyanin sendiri sangat baik untuk mencegah penyakit kanker. Selain blueberry, buah berwarna ungu lainnya seperti blackcurrant, anggur ungu, ceri hitam, plum bahkan anggur ungu juga mengandung melatonin yakni hormon yang diproduksi kelenjar pineal pada malam hari untuk mencegah insomnia. Sedangkan untuk sayuran berwarna ungu seperti terung, kol ungu dan ubi ungu bermanfaat untuk mencegah kanker serta ampuh mengurangi stres.

6.    Buah Putih Bersih dan Bening
Sayuran serta buah yang berwarna putih seperti halnya buah sirsak, duku, rambutan, kelengkeng, duku, bawang putih, jamur putih, lobak, dan lainnya sebagainya mengandung zat allicin dan indoles yang mampu menurunkan risiko hipertensi dan kolesterol. Walaupun warnanya putih tetapi kandungan seratnya cukup tinggi, sehingga mampu mencegah sembelit. Khasiat bawang putih dan bawang bombay juga ternyata  ampuh menurunkan kadar gula dalam darah.

Itulah khasiat buah dan sayur jika dilihat dari warnanya, dengan mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan yang segar tentu dapat membuat tubuh kita semakin sehat dan kuat.

Leave a Reply