free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Kode-Kode yang Terdapat Pada Barang Plastik Anda

Tentu Anda sudah banyak tahu tentang peringatan bahaya penggunaan plastik. Namun tetap saja sebagian orang tidak menggubris anjuran tersebut tanpa  peduli atau bahkan sampai meneliti lebih lanjut. Bahan plastik adalah salah satu bahan yang dapat kita temui di hampir setiap barang di sudut rumah kita mulai dari TV, kulkas, plastik laminating, pipa pralon, compact disk (CD), kutex, motor, mesin, hingga tempat makanan atau minuman si kecil. Barang-barang plastik tersebut hampir bisa dipastikan mengandung Bisphenol A.

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa 95% orang pernah memakai barang yang mengandung Bisphenol-A. Barang dari plastik dengan Bisphenol-A memiliki karakteristik tidak mudah pecah, ringan dan juga murah. Akan tetapi di balik manfaatnya itu terdapat berbagai racun yang dapat mengganggu kesehatan kita. Walaupun demikian ada juga bahan plastik yang memang aman untuk kita gunakan jikalau sesuai dengan peruntukannya dan penggunaannya. Cara yang paling bijak adalah dengan melihat simbol-simbol pada barang plastik tersebut. Biasanya bisa kita jumpai di bagian dasar botol.

Sejalan dengan hal tersebut, yuk kita pahami arti dari simbol-simbol tersebut agar keluarga Anda terhindar dari bahan plastik yang berbahaya. Simak selengkapnya di bawah ini :

1. PETE atau PET arti simbol pada bahan plastik
Artinya Polyethylene Terephthalate. Simbol ini biasanya dipakai untuk botol plastik yang jernih,transparan dan tembus pandang seperti halnya botol air mineral, botol jus, dan botol minuman lainnya. Botol-botol dengan bahan PETE atau PET  direkomendasikan hanya untuk sekali pakai saja. Jadi jangan dipakai lagi untuk air hangat apalagi panas. Sebaiknya buang botol minuman sekali pakai Anda.

2. HDPE  Artinya High Density Polyethylene
Dimana biasanya dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Sama seperti PET atau PETE , simbol HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian saja.

3. V Atau PVC 
Artinya Polyvinyl Chloride dimana bahan plastik ini merupakan bahan yang paling sulit untuk di daur ulang. Penggunaan bahan plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus  atau cling wrap dan juga botol-botol. Karena kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan sehingga berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan juga berat badan. Maka di anjurkan untuk berhati-hati dengan simbol ini.

4. LDPE Artinya Low Density Polyethylene
Dimana biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. Barang-barang dengan kode 4 LDPE dapat di daur ulang dan sangat baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Barang dengan  kode 4 LDPE memang sulit untuk di hancurkan tetapi tetap baik penggunaannya untuk tempat makanan.

5. PP Artinya Polypropylene
Dimana apabila Anda menemukan simbol kode sepeerti ini adalah merupakan pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama apabila yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti halnya tempat menyimpan makanan dan minuman Anda, yang  terpenting lagi adalah botol minum untuk si bayi. Biasanya karakteristiknya seperti botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Jadi carilah simbol ini bila membeli barang berbahan plastik.

6. PS Artinya Polystyrene
Dimana simbol ini biasa dipakai sebagai bahan tempat makan dari styrofoam dan juga tempat minum sekali pakai. Memang bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan sehingga bahan Styrine ini berbahaya untuk otak dan juga sistem syaraf. Di beberapa negara penggunaan bahan ini sudah di larang, apabila Anda menemukan kode dan simbol ini sebaiknya dihindari

7. Other
Dimana biasanya adalah Polycarbonate dan bisa ditemukan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Bahan plastik Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman dimana dapat  berpotensi merusak sistem hormon. Jadi sebaiknya hindari bahan plastik Polycarbonate.

Tentu masih banyak sekali barang plastik yang kita temui tidak mencantumkan simbol-simbol ini dan tentu saja harus kita hindari, karena akan sangat berbahaya untuk kesehatan Anda dan keluarga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan Anda dapat lebih bijak dalam penggunaan bahan plastik

Leave a Reply