free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Lebih Dekat Manfaat Jengkol

Ditengah harga jengkol yang melejit hingga kisaran melebihi harga daging sapi saat ini memang menjadi salah satu fenomena tersendiri yang terjadi di negeri ini. Dengan naiknya harga jengkol ini malahan di sambut baik oleh ketua DPR RI Marzuki Ali, seperi penjelasannya saat di tanya mengenai melonjaknya harga jngkol di bawah ini.

“Kalau harga jengkol naik, saya bersyukur. Artinya ada penghargaan atas produk lokal Indonesia yang sebagian warganya suka makan jengkol,” kata Marzuki, Rabu (5/6/2013).

Menurut Marzuki Alie, dengan kenaikan harga jengkol ini tidak akan terlalu mengganggu stabilitas ekonomi karena jengkol berbeda dengan komoditas lain seperti beras yang merupakan bahan pokok.

“Tidak makan jengkol tidak mengakibatkan rakyat menjadi lapar, tetapi justru rakyat atau petani khususnya yang menghasilkan jengkol dapat menikmati hasil kebunnya karena harga yang bagus,” tambah Marzuki.
Nah, dengan fenomena jengkol ini, sebenarnya ada manfaat apa di balik makanan favorit rakyat indonesia ini, simak selengkapnya di bawah ini :
1.    Kaya Akan Kandungan Kalsium
Kalsium merupakan unsur penting yang mampu mencegah osteoporosis atau terjadinya pengeroposan tulang, dan kandugan kalsium dalam jengkol berkisar 140 mg per 100 gram jengkol. Manfaat kalsium bagi tubuh selain berperan penting dalam metabolisme tubuh, dimana juga dapat berfungsi sebagai penghubung antar jaringan syaraf, pergerakan otot dan kerja jantung

2.    Kaya Akan Kandungan Protein
Ternyata pada kandungan jengkol terdapat kandungan protein yang cukup tinggi berkisar antara 23,3 gram per 100 gram jengkol. Dengan kandungan protein nabati dari jengkol ini ternyata lebih tinggi dari kacang kedelai dan kacang hijau. Protein ini dimana sebagai pengganti atau untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh dan dengan mengkonsumsi banyak protein nabati akan lebih banyak meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur dua kali lebih lama.

3.    Kaya Akan Berbagai Kandungan Vitamin
Vitamin yang terdapat pada jengkol seperti Vitaman A, B1, B2, dan C. Pada jengkol sendiri berkisar 658 mg per 100 gram jengkol untuk kandungan vitamin A, yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 dan B1 masing-masing membantu penyerapan protein dan menjaga kepekaan syaraf. Kandungan Vitamin C pada jengkol  80 mg per 100 gram, sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

4.    Kaya Akan Kandungan Zat Besi
Zat besi yang terkandung pada buah jengkol sekitar 4,7 gram zat besi per 100 gram dan berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan sel tubuh serta mengangkut elektron tubuh yang berfungsi sebagai pembangkit energi dalam sel tubuh. Sehingga di dalam pengangkutan oksigen tersebut terjadi penggabungan antara zat besi dan protein yang akan membentuk hemoglobin dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot yang berperan penting dalam pembentukan enzim yang berperan membangkitkan energi tubuh.

5.    Kaya Akan Kandungan Fosfor
Fungsi Fosfor sebenarnya hampir sama dengan Kalsium dimana berfungsi sebagai pencegah tulang keropos dan menjaga gigi agar tidak berlubang. Dan ternyata kandungan fosfor di dalam jengkol berkisar 166,7 mg per 100 gram jengkol. Bagi para penggemarnya bau yang tidak sedap dari jengkol tidak akan menghalangi penyukanya untuk tetap mengkonsumsi sajian menu jengkol.

Nah itulah manfaat dari jengkol di balik baunya yang khas dan di balik rasanya yang lezat. Bagi para penikmat jengkol harga yang mahal saat ini tentu tidak akan menjadi halangan untuk tidak menyantap sajian ini. Semoga manfaat jengkol di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk para penikmatnya.

Leave a Reply