free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Lebih Dekat Plasenta Previa

Bagi wanita yang sedang hamil selain selalu menjaga kesehatan dan juga mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan gizi seimbang merupakan suatu keharusan. Disamping itu wanita hamil juga harus lebih mempelajari dan mengetahui seluk beluk tentang kehamilan. Hal ini sangat penting agar ibu hamil dapat merasa nyaman dan aman selama menjalani masa kehamilan dengan berbagai keluhan yang mungkin di alami selama dalam masa kehamilan.

Salah satu yang perlu Anda ketahui lebih dekat yakni Plasenta Previa. Lalu apa Plasenta previa itu sendiri ? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini :

Plasenta merupakan organ vital yang menjadi jembatan antara Ibu dengan si kecil melalui tali pusar si kecil. Plasenta bertugas untuk menyalurkan makanan juga oksigen, berfungsi untuk memproduksi hormon-hormon kehamilan dan juga mengangkut zat-zat yang tidak berguna dari tubuh si kecil untuk dibuang melalui feses dan juga urin Ibu.

Plasenta sendiri memiliki bentuk yang bundar dengan diameter sekitar 15 sampai 20 cm dan memiliki tebal sekitar 2,5 cm. Berat rata-rata plasenta biasanya adalah 500 gram. Dan posisi plasenta yang baik yakni jika berada di bagian atas rongga rahim dan keadaannya tidak menutupi jalan lahir. Sebenarnya posisi plasenta wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan sejak kehamilan di minggu-minggu akhir kehamilan sesuai dengan proses terbentuknya segmen bawah rahim. Selain itu ada juga posisi plasenta yang mungkin berbahaya bagi persalinan Ibu kelak. Dan secara medis sendiri kondisi atau posisi berbahaya tersebut dikenal dengan istilah plasenta previa.

Plasenta previa merupakan posisi plasenta yang menutupi jalan lahir. Dan jika terjadi permasalahan seperti ini maka biasanya terjadi akibat adanya scar dalam rahim, adanya kehamilan kembar dan juga usia ibu hamil di atas 35 tahun atau memiliki riwayat persalinan caesar.

Plasenta previa di bagi menjadi tiga jenis, yaitu :
1.    Plasenta Previa Totalis
Plasenta previa totalis merupakan suatu kondisi yang terjadi apabila posisi plasenta yang menutup seluruh mulut rahim. Maka jika ibu hamil mengalami hal seperti ini, maka Ibu tersebut  tidak dapat melahirkan secara normal, sehingga harus melahirkan dengan bantuan operasi caesar

2.    Plasenta Previa Parsialis
Plasenta previa parsialis sendiri merupakan suatu kondisi yang  terjadi apabila posisi plasenta menutupi sebagian mulut rahim. Dan jika ibu hamil mengalami keadaan seperti ini maka  Ibu tersebut masih memungkinkan untuk melahirkan secara normal

3.    Plasenta previa marginalis
Plasenta previa marginalis yakni suatu kondisi yang  terjadi apabila posisi plasenta terletak di pinggir mulut rahim akan tetapi tidak menutupi jalan lahir si kecil. Jika ibu hamil mengamani kondisi seperti ini maka ibu tersebut akan mengalami pendarahan ataupun kelahiran bayi prematur. Dan apabila kondisi plasenta tidak berubah sampai dengan minggu ke-36 maka Ibu tersebut harus melakukan persalinan melalui operasi caesar.

Kondisi seperti di atas sebenarnya dapat dicegah sehingga kemungkinan terburuk dapat dihindari. Dan cara mencegahnya adalah seperti dengan menghindari aktifitas yang terlalu melelahkan salah satunya seperti  aktifitas seksual bersama suami. Dan juga dapat di cegah dengan rutin melakukan olahraga peregangan dan jalan kaki secukupnya agar kesehatan dan kebugaran ibu hamil tetap terjaga

Leave a Reply