free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Lebih Dekat Tentang Hamil Anggur

Sebutan hamil anggur atau dalam istilah medis sendiri dikenal dengan istilah mola hidatidosa merupakan salah satu kegagalan dalam menjalani kehamilan. Hamil anggur sendiri disebabkan karena adanya kesalahan genetik saat proses pembuahan sel telur oleh sperma, sehingga plasenta dan juga janin tidak dapat berkembang normal. Akan tetapi, walaupun proses kehamilan ini tidak berkembang sebagai janin, tetapi seorang wanita tetap  akan  menunjukkan tanda-tanda kehamilan. Hamil anggur bisa terjadi dimana 1 diantara 1.000 kehamilan, hal ini berarti 999 wanita hamil di antara 1.000 orang tidak memiliki masalah ini.

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya hamil anggur? Proses yang tidak normal ini terjadi pada saat pembuahan yang menyebabkan jutaan sel-sel yang merupakan asal muasal plasenta, atau dalam istilah medis disebut sel trofoblas, yakni berkembang tidak sebagaimana mestinya. Dimana sel-sel tersebut akan membentuk kantung-kantung berisi cairan atau disebut sebagai kista yang berkelompok sehingga menyerupai seperti bentuk buah anggur.

Hamil anggur tentu saja ada penyebabnya, dan di bawah ini adalah beberapa faktor yang mungkin dapat menyebabkan risiko seorang wanita mengalami hamil anggur :

  1. Seorang wanita yang pernah mengalami keguguran
  2. Umur wanita tersebut saat hamil lebih dari 35 tahun.
  3. Wanita tersebut pernah mengalami hamil anggur pada kehamilan sebelumnya.
  4. Wanita tersebut .melakukan diet makanan rendah karoten yang didapat dari vitamin A.

Sebagai wanita tentu kita harus waspada dengan hamil anggur ini, lalu apa saja gejala yang terjadi jika terjadi kehamilan anggur ini ? Sebenarnya gejala dan tanda-tanda hamil anggur sama seperti dengan kehamilan normal. Contohnya seperti wanita tersebut terlambat datang bulan, munculnya mual dan muntah (morning sickness), Akan tetapi kadang-kadang wanita tersebut tidak menyadari kehamilan yang dialami adalah hamil anggur.

Dan di bawah ini adalah beberapa tanda hamil anggur yang biasanya terjadi, diantaranya:

  1. Adanya perdarahan dari vagina.
  2. Perut dan rahim akan membesar lebih dari ukuran kehamilan normal.
  3. Merasakan mual dan muntah yang hebat.
  4. Munculnya tanda-tanda seperti hipertiroid, yakni seperti mudah capai dan gelisah, detak jantung berdebar dan sering berkeringat.
  5. Munculnya rasa tidak nyaman pada panggul.
  6. Keluarnya jaringan menyerupai anggur dari vagina, dimana hal ini merupakan salah satu tanda pasti terjadinya hamil anggur.

Hamil anggur terbagi menjadi 2 jenis, yakni mola sempurna yaitu dimana tidak adanya jaringan plasenta yang normal sama sekali dan juga tidak ada janin. Selain itu rahim wanita tersebut akan dipenuhi oleh masa atau tumor yang terdiri dari sel-sel yang berkembang tidak normal. Dan jenis hamil anggur yang yang kedua yakni mola sebagian, dimana masih terdapat jaringan plasenta normal dan kadang-kadang terdapat janin akan tetapi perkembangannya tidak normal dan biasanya tidak mampu bertahan hingga usia kehamilan 3 bulan.

Untuk menghindari hamil anggur, sebaiknya seorang wanita hamil melakukan pemeriksaan di awal kehamilan secara rutin ke dokter atau bidan, sehingga apabila ada gangguan, maka dapat ditangani dengan segera. Walaupun sebenarnya hamil anggur cukup menimbulkan kesedihan dan juga kekhawatiran pada wanita, akan tetapi dengan bimbingan, pengobatan dan rutin berkonsultasi dengan dokter maka niscaya wanita tersebut akan segera pulih kembali.

Leave a Reply