free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kenali Lebih Dekat Tentang Test Pack Kehamilan

Setiap wanita yang ragu apakah dirinya sedang hamil atau tidak pasti akan menggunkan alat bantu berupa test pack. Lalu apakah test pack itu sebenarnya? Ya test pack yakni sebuah alat yang umum digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Tes kehamilan dengan menggunakn test pack dilakukan berdasarkan peningkatan kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang ada di dalam urin atau serum. Dimana hormon hCG sendiri akan meningkat pada ibu hamil, hal ini diakibatkan karena terbentuknya plasenta yang mengelilingi embrio. Sebenarnya kadar hCG pada wanita yang tidak hamil maka rata-ratanya hanya sebesar 5%, sedangkan pada seorang wanita yang sedang hamil kadar hCG akan meningkat drastis hingga mencapai 150.000 %. Maka dengan peningkatan yang drastis itulah yang membuat kadar hCG akan sangat cocok apabila digunakan sebagai alat petunjuk kehamilan.

Sebenarnya kadar hCG dalam serum dan urin seorang wanita sendiri biasanya selalu berada dalam konsentrasi yang sama. Dan hormon hCG mulai akan dibentuk oleh tubuh segera setelah fertilisasi terjadi dan akan meningkat dengan sangat cepat sampai dengan usia kehamilan menginjak 3 bulan

Lalu saat seorang wanita ingin mengetahui dirinya sedang hamil atau tidak, kapan tes dengan menggunkan test pack dapat dilakukan? Apabila seorang wanita memiliki siklus haid yang teratur maka penggunaan tes kehamilan menggunakan test pack sendiri sebaiknya dilakukan jika menstruasi terlambat sampai dengan satu minggu. Akan tetapi jika wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur, maka tes kehamilan dengan alat bantu test pack dapat dilakukan 1 atau 2 minggu setelah .terjadi keterlambatan menstruasi.

Penggunaan test pack pada saat waktu yang tepat ini tentunya akan membantu sensitivitas test pack menjadi tinggi, setidaknya dimana dapat mendeteksi 20mIU/ml agar hasil deteksi kehamilan yang diperoleh akurat. Dimana pada usia kehamilan 1 sampai dengan 4 minggu memiliki kadar hCG dalam urin akan berkisar antara 45-200 mIU/ml.

Melakukan test kehamilan dengan menggunakan test pack merupakan salah satu langkah pertama untuk mengetahui adanya kehamilan, dimana test pack sangat mudah diperoleh di apotek atau pun klinik kehamilan dekat dengan rumah Anda, harga test pack sendiri bervariasi tergantung dari merek test pack yang digunakan. Akan tetapi bentuk test pack secara umum yakni seperti batang dengan celah atau lubang untuk meletakkan sample urin yang juga dilengkapi dengan pipet bantu. Cara kerjanya yakni dimana urin dari seorang wanita lalu dipipet dengan pipet bantu kemudian diteteskan pada celah yang terdapat dalam batang test pack. Yang mana biasanya pada celah tersebut akan dilengkapi dengan membran yang akan melewatkan hormon hCG dalam urin sampel. Selain itu test pack yang baik juga biasanya akan dilengkapi dengan indikator perubahan warna yang menandakan reaksi hCG melewati membran telah selesai dengan sempurna.

Maka apabila seluruh hCG dalam urin telah melewati membran maka akan terdapat petunjuk satu atau dua garis atau juga petunjuk seperti tanda plus dan minus (+/-), atau bisa juga dengan petunjuk tanda centang atau sesuai dengan merek test pack yang digunakan.
Jadi jangan ragu untuk menggunakan test pack sebagai alat bantu untuk mengetahui kehamilan

Leave a Reply