free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kesalahan Ibu Saat Menyusui

ASI atau Air Susu ibu memang sangat penting dan berguna untuk pertumbuhan bayi Anda, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam ASI sendiri mampu memenuhi semua kebutuhan nutrisi si bayi. Untuk itulah ASI sangat di anjurkan dari pada menggunakan susu formula. Saat seorang ibu memberikan ASI kepada bayinya tentulah merupakan suatu langkah yang benar dan tepat, akan tetapi kadang beberapa ibu melakukan beberapa kesalahan saat menyusui bayinya. Dan kesalahan ini kadang tidak disadari oleh sang ibu. Apa saja kesalahan ibu saat menyusui tersebut? Berikut selengkapnya di bawah ini :

1.    Ibu Tidak Mencuci Tangan Lebih Dulu Sebelum Menyusui
Bunda, selalu cuci tangan Anda sebelum menyusui bayi . Tentu hal ini sangat penting karena pada hakikatnya tangan merupakan sumber bakteri . Dimana sangat rentan terhadap kesehatan bayi. Dan hal ini kadang kurang disadari oleh para ibu menyusui. Dari kesalah ini mungkin bayi Anda bisa terkena virus batuk, pilek, diare dll.

2.    Ibu Menyusui Bayinya Tanpa Membersihkan Puting Lebih Dulu
Bunda, sebelum mulai menyusui si kecil, maka perahlah sedikit ASI lalu oleskan pada puting dan areola disekitarnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan puting dengan lidah bayi Anda yang mungkin masih kesat, dimana apabila tidak dilakukan akan menyebabkan lecet pada puting. Selain itu fungsi ASi disini yakni sebagai desinfektan.

3.    Ibu Membiarkan Bayi Tidur Lebih dari 2 Jam Tanpa Disusui
Bunda harus tahu dan ingat bahwa bayi harus menyusu minimal 2 jam sekali. Dengan lebih sering maka akan lebih baik. Perlu di ingat untuk tidak membiarkan bayi tidur terlalu lama,  terutama lagi pada 1 bulan pertama. Hal ini karena pada masa sebelum umur 1 bulan, bayi sangat rentan terkena ikterus atau kuning pada bayi. Hal ini terjadi  disebabkan kurangnya pemberian ASI.

4.    Ibu Menyusui Hanya Dari Salah Satu Payudara
Bunda, sebaiknya susui bayi dengan payudara kanan dan kiri secara bergantian. Dengan menyusui secara bergantian maka akan menjaga keindahan payudara Anda supaya tidak besar sebelah dan juga supaya hisapan bayi menjadi  seimbang . Selain itu juga hal ini akan mencegah kekurangan ASI atau terhentinya produksi ASI.

5.    Ibu Membiarkan Payudara Penuh
Bunda, apabila merasa payudara Anda sudah penuh, maka perah ASI dengan menggunakan pompa susu, hal ini dilakukan jika bayi Anda masih kenyang atau belum ingin menyusu. Hal ini tentu sangat penting supaya tidak terjadi bendungan ASI yang akan mengakibatkan payudara bengkak, dimana jika dibiarkan, maka lama kelamaan akan menjadi keras seperti batu dan akan menyebabkan ibu demam tinggi.

6.    Ibu Membiarkan Bayi Menyusu dengan Memutar Kepalanya
Ketika Anda menyusui si kecil maka jangan sampai membuat posisi si kecil tidak nyaman bahkan salah posisi. Ternyata posisi menyusui bisa berpengaruh terhadap prestasi anak. Untuk itu sebaiknya pelajari cara menyusui bayi yang benar.

Nah, bunda itulah beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh ibu menyusui dan kadang tidak disadari. Dengan mengetahui beberapa kesalahan seperti di atas semoga bunda dapat merubah kebiasaan yang salah tersebut dan dapat memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Leave a Reply