free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Ketahui 17 Jenis Kosmetik Berbahaya Ini

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menemukan  17 jenis kosmetika yang mengandung bahan berbahaya atau dilarang, selain itu BPOM juga  merilis temuannya tersebut dalam peringatan publik di Jakarta.

Menurut apa yang disampaikan BPOM bahwa kosmetik-kosmetik tersebut kebanyakan mengandung merkuri atau raksa, hidrokinon dan asam retinoat. Dimana bahan-bahan tersebut diyakini memiliki efek untuk memutihkan kulit. Seperti yang kita tahu bahwa di negara Indonesia ini setiap wanitanya menginginkan kulit yang putih dan mulus. Karena faktor inilah maka banyak produsen kosmetik menyediakan kosmetik untuk memutihkan kulit, tetapi sayang ada sebagian produsen yang berbuat curang dengan menggunakan bahan berbahaya.

“Sebagai tindak lanjut terhadap seluruh temuan kosmetika mengandung bahan berbahaya/dilarang tersebut, dilakukan penarikan produk dari peredaran dan dimusnahkan,” kata Kepala BPOM Lucky S. Slamet.

Kepala BPOM juga mengingatkan kepada masyarakat supaya tidak menggunakan kosmetik-kosmetik tersebut karena dapat membahayakan kesehatan. Banyak efek samping yang akan muncul apabila menggunakan kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti contohnya iritasi kulit, pengikisan kulit dan juga kerusakan ginjal.
Iritasi pada kulit seperti munculnya bercak merah atau juga gatal-gatal pada kulit yang telah di olesi kosmetik berbahaya. Ya, karena iritasi akan muncul jika produk kosmetik tersebut mengandung paraben dan juga merkuri. Efek samping yang lebih ekstrim adalah dimana si pengguna kosmetik berbahaya akan menderita kanker kulit karena terlalu sering dan telah lama menggunakan produk kosmetik tersebut tanpa ia sadar bahwa produk tersebut sangat berbahaya dan bermasalah. Oleh karena itu Anda harus cermat dalam memilih produk kecantikan tersebut.

BPOM juga menemukan bahwa kebanyakan dari produk kosmetika berbahaya tersebut dijual secara terang-terangan melalui Internet atau menjualnya di klinik kecantikan dan juga salon. Harganya pun terbilang tidak murah. Saat ini BPOM telah berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo untuk penertiban penjualan kosmetik online yang berbahaya, dan Kementrian Kominfo pun telah setuju untuk melakukan screening.

Di bawah ini adalah daftar 17 produk kosmetika berbahaya yang ditemukan oleh BPOM :

Kosmetika merek Tabita:
1. Tabita Daily Cream
2. Tabita Nightly Cream
3. Tabita Skin Care Smooth Lotion

Kosmetika Merek Green Alvina
4. Herbal Clinic “Green Alvina” Walet Cream Mild Night Cream
5. Green Alvina Night Cream Acne

Kosmetika Merek Chrysant
6. Chrysant 24 Skin Care Pemutih Ketiak
7. Chrysant 24 Skin Care Cream Malam Jasmine
8. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1
9. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.2
10. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1

Kosmetika merek Hayfa
11. Hayfa Sunblock Acne Cream Natural Pagi-Sore
12. Hayfa Acne Morning Pagi-Sore

Kosmetika Merek dr. Nur Hidayat,SpKK
13. Acne Lotion dr. Nur Hidayat,SpKK
14. Cream Malam Prima 1 dr. Nur Hidayat,SpKK
15. Acne Cream Malam dr. Nur Hidayat,SpKK

Kosmetika Merek Cantik
16. Cantik Whitening Vit. E Night Cream
17. Cantik Whitening Vit. E Day Cream.

Apabila Anda menemukan kosmetik di atas di pasaran sebaiknya jangan pernah menggunakannya, dan apabila Anda terlanjur sudah menggunakannya maka segera hentikan pemakaian karena akan membahayakan kesehatan Anda. Semoga dengan informasi di atas Anda dapat lebih selektif memilih kosmetik.

Leave a Reply