free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Keunikan Jeans dan Hal Yang Jangan Dilakukan Pada Jeans

Sahabat hawa punya celana jeans? Hampir semua orang menggunakannya bahkan memiliki celana jeans tersebut, dimana dahulu hanya dipakai para penambang di Amerika. Di gunakan para penambang karena bahannya yang tahan lama bisa merefleksikan aktivitas dan bahkan menggambarkan sebagian kehidupan si pemakainya.

Biasanya setelah beberapa lama dipakai tanpa dicuci, pada celana jeans muncul kerutan-kerutan. Kerutan tersebut ternyata mempunyai pola unik yang yang berbeda-beda sesuai dengan aktivitas pemakai. “Apabila kerutan banyak terdapat di bagian paha dan lutut, berarti pemakainya banyak duduk,” jelas Angelina Handayani, seorang lulusan Fashion Institute of Design and Merchandising, Los Angeles, dalam diskusi “Jeans untuk Semua: Ikon Amerika” yang di adakan di Jakarta. Perempuan yang pernah bekerja di perusahaan sebuah brand jeans di Amerika ini kurang lebih selama 5,5 tahun ini juga mengatakan bahwa sebagian kehidupan pemakai celana jeans juga bisa tercermin dari pola kerutan pada celana jeans yang jarang dicuci.

“Yang penting jangan terlalu sering dicuci, jeans jaman dulu yang dipakai penambang itu memang nggak pernah dicuci. Meski kotor, berdebu, tapi polanya bagus dan unik serta mengandung sejarah kehidupan mereka,” tambah Angelina.
“Jikalau sering menaruh handphone di saku jeans, tanpa disadati lama-lama terlihat ada pola kotak yang unik di celanamu,” kata Angelina juga memberi contoh.

Celana jeans merupakan sahabat bagi sebagian besar wanita karena selain praktis, celana jeans juga bisa dipakai di berbagai event yang kita datangi. Saat menggunakan celana jeans bisa didapat berbagai penampilan yang berbeda – beda. Mau tampil elegan, tomboy, feminin, sporty, casual, semua bisa diperoleh dengan celana jeans ini.

Kaum hawa pasti memiliki banyak koleksi jeans di lemarinya. Tetapi sayang banyak yang tidak tahu bagaimana cara merawat celana jeans yang benar. Dibawah ini adalah informasi  penting tentang hal yang tak boleh dilakukan pada celana jeans Anda:

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Celana atau bahan Jeans memang diciptakan untuk tidak sering dicuci setiap kali habis dikenakan. Sebenarnya bukan mengajari hal untuk bersikap jorok, tetapi memang bahan jeans tidak tahan dengan reaksi pencucian yang terlalu sering. Untuk beberapa jeans yang kotor setelah dipakai beraktivitas memang wajib dan harus dicuci, tetapi jika hanya menemani Anda dengan tidak banyak aktifitas, celana jeans cukup digantung dan diangin-anginkan saja. Bahkan menurut sebuah penelitian celana jeans akan bertahan tetap bersih jika digantung sekitar dua minggu lamanya.

2. Jangan Gunakan Air Panas Saat Mencuci

Penggunaan air panas memang dapat membantu mencuci baju atau kemeja yang berwarna putih agar lebih bersih dan juga agar terhindar dari kuman bakteri dan bau tidak sedap. Tapi jangan pernah mencuci celana Jeans dengan air panas karena dapat mempercepat pudarnya warna pada bahan material jeans. Selain itu juga air panas dapat membuat jeans menjadi menyusut.

3. Jangan Menyeterika Celana Jeans

Ketika Anda menyeterika jeans dengan tujuan agar lebih rapi, tentu hal ini kurang tepat. Ketika Anda menyetrika Jeans, maka warnanya akan cepat pudar dan meninggalkan bekas yang berkilauan. Dengan hal ini menjadikan Jeans tak tahan lama, mudah rapuh dan juga kurang nyaman saat dikenakan.

4. Jauhkan Dari Sinar Matahari

Membiarkan terlalu lama celana jeans berada di bawah sinar matahari secara langsung tentu akan membuat warna jeans cepat pudar. Oleh karena itu, saat menjemurnya sebaiknya cari tempat yang teduh atau hanya sekedar di angin-anginkan saja sampai kering.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan untuk merawat celana Jeans kesayangan Anda. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk sahabat hawa dimana pun berada.

Leave a Reply