free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kiat Menjaga Kehamilan Usia Muda

Memasuki usia kehamilan muda yakni dimana memasuki kehamilan pada minggu-minggu awal tentunya sangat rentan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Seperti salah satunya adalah terhadinya keguguran, agar hal ini tidak terjadi, sebagai seorang calon ibu haruslah pandai menjaga kehamilan mudanya tersebut. Lalu bagaimana cara tepat menjaga kehamilan muda? Simak kiat-kiat menjaga kehamilan muda seperti di bawah ini :

1.    Hindari Merokok dan Asap Rokok
Amat sangat diwajibakan ibu hamil untuk tidak merokok, bahkan asap rokok sekalipun. Selain rokok hindari juga obat-obatan tertentu, konsumsi kafein berlebih, alkohol dan semua zat-zat yang bisa membahayakan kehamilan. Seperti kita tahu bahwa hal yang membahayakan seperti di atas akan menganggu dan menghambat perkembangan janin di perut Anda. Penelitian juga menyebutkan bahwa jika si ibu perokok, maka kemungkinan bayi yang lahir dengan tidak sempurna akan semakin besar. Selain itu konsumsi kafein yang berlebih akan mempengaruhi jumlah zat besi di dalam darah dan akan menimbulkan gejala anemia yang mana biasanya diderita wanita yang sedang hamil. Untuk itu hindari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan Anda dan juga janin di dala perut.

2.    Asupan Nutrisi yang Cukup
Ibu hamil muda biasanya akan mengalami masalah pencernaan, seperti mual, muntah dan hilangnya nafsu makan. Dengan masalah seperti ini maka ibu sebaiknya tetap berusaha menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini sangat normal terjadi pada ibu hamil muda, akan tetapi perasaan seperti ini tak boleh diikuti karena apabila calon ibu tidak makan dan memberikan asupan nutrisi yang cukup maka akan sangat membahayakan keselamatan janin.

3.    Hindari Stres
Ibu hamil muda biasanya memiliki emosi yang tidak stabil, mood yang berubah-rubah dan juga mudah marah. Untuk itu sebaiknya pandai-pandailah mengatur dan mengelola emosi,  banyak mendekatkan diri pada tuhan, lebih dekat dan bercengkrama dengan suami, memperbanyak latihan meditasi dan hindari kegiatan yang dapat menimbulkan stres.

4.    Jaga Aktifitas Seksual Anda
Berkaitan dengan aktifitas seksual suami dan istri tentu harus benar-benar di perhatikan ketika usia kandungan masih sangat muda, hal ini karena kehamilan muda masih sangat rentan terhadap berbagai resiko yang mungkin terjadi. Melakukan aktifitas seksual suami istri memang tidak bermasalah disesuai dengan kondisi sang wanita yang sedang hamil muda. Untuk itu sebaiknya berkonsultasikan ke dokter kandungan tentang masalah ini dan ada baiknya dilakukan penghentian aktifitas seksual untuk sementara jika kondisi istri tidak memungkinkan. Hal ini karena sangat beresiko tinggi seperti terjadinya keguguran, melahirkan premature, terjadinya pendarahan di dalam vagina, terjadinya plasenta previa dan lain sebagainya

Nah itulah beberapa kiat menjaga kehamilan muda. Bagi Anda yang sedang menginjak masa kehamilan muda sebaiknya melakukan kiat seperti di atas agar kesehatan Anda dan juga janin dapat tetap terjaga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bayi Anda dapat tumbuh dengan sehat dan tidak kurang suatu apapun

Leave a Reply