free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Konsumsi Susu Hamil Bikin Bayi Obesitas?

Saat ini memang banyak persepsi beredar seputar kehamilan yang justru menyesatkan ibu hamil. Dengan kondisi seperti ini tentu saja membaut para ibu hamil merasa kebingunagn tentang mana informasi yang benar dan informasi yang salah. Nah, sebelum Anda terjebak dalam asumsi dan informasi yang salah, maka sebaiknya Anda ketahui lebih dulu hal-hal apa saja seputar kehamilan yang merupakan mitos semata dengan lebih banyak membaca artikel terpercaya yang berhubungan dengan kehamilan.

Salah satu yang terpenting selama dalam masa kehamilan yakni nutrisi. karena pemenuhan nutrisi ini akan menentukan kesehatan ibu dan janin selam menjalani masa kehamilan sampai dengan melahirkan. Dalam pemenuhan nutrisi ini tentunya sangat bervariasi mulai dari mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah, dan juga mengkonsumsi tambahan susu hamil untuk mendukung kehamilan.

Pada saat seorang wanita sedang hamil, maka seringkali dihadapkan pada nasihat yang diberikan oleh orang-orang disekitarnya, salah satunya yakni tentang pantangan dan juga keharusan selama masa kehamilan. Dan seperti kita tahu walaupun tujuan dari nasihat tersebut yakni untuk kebaikan kita sendiri, akan tetapi belum tentu semua anjuran terseut benar. Seperti contohnya yakni mitos tentang mengkonsumsi susu hamil yang akan membuat bayi mengalami obesitas.

Bayi yang lahir dengan berat badan berlebih atau obesitas dikarenakan ibu hamil selama masa kehamilannya mengkonsumsi susu tidak sepenuhnya benar, karena  faktanya yakni  dengan mengkonsumsi susu hamil selama masa kehamilan maka akan memperkaya berbagai vitamin dan nutrisi bayi dan juga ibu hamil itu sendiri, sehingga  merupakan cara aman dan mudah agar ibu mendapatkan asupan nutrisi penting dengan kadar seimbang tanpa perlu takut berat badan ibu hamil melambung tinggi atau bobot bayi menjadi obesitas.

Menurut Prof Suhartono DS. Dr. SpOG(K), yakni seorang Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Ibu & Anak Kendang Sari menyatakan “Kehamilan adalah waktu yang sangat penting untuk memastikan ibu mendapatkan nutrisi terbaik untuk membantu calon bayi tumbuh dan berkembang secara normal. Bayi yang sehat terlahir dari ibu yang sehat, di luar dari mitos yang beredar, sang ibu diharapkan mampu mengetahui fakta di balik mitos kehamilan tersebut terutama mitos-mitos terkait dengan asupan nutrisi bagi ibu hamil,”

Dengan demikian dari berbagai sumber tentang mitos susu hamil yang beredar dapat disimpulkan bahwa  kebutuhan nutrisi ibu hamil akan meningkat 17% dari sebelum wanita tersebut hamil. Kebutuhan nutrisi tersebut  meliputi  protein sebanyak 20%, lemak 30% dan karbohidrat 50%. Nah, untuk memenuhi semua nutrisi dan kebutuhan gizi selama masa hamil, ada baiknya dan juga disarankan ibu hamil untuk mengonsumsi susu kehamilan. Hal ini dikarenakan susu kehamilan umumnya telah dilengkapi dengan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan juga bayinya.

Jadi apabila ibu hamil merasa kebutuhan nutrisi kurang hanya melalui makanan yang di konsumsi sehari-hari, maka tambahan susu hamil akan membantu kekurangan tersebut. Sehingga kebutuhan ibu dan bayi akan nutrisi akan tercukupi. Dan tentunya jangan khawatir bobot tubuh ibu atau bayi akan melambung, karena selama masa kehamilan berat tubuh yang meningkat adalah suatu hal yang normal.

Leave a Reply