free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Kue Sarang Semut

Siapa pun pasti tahu Kue Sarang Semut, selain karena memiliki rasa yang enak, Kue Sarang Semut juga memiliki keunikan texturnya yaitu seperti bentuk sarang Semut, memiliki lubang-lubang atau rongga seperti halnya sarang semut. Cara pembuatannya gampang–gampang susah karena sebagian orang saat mencoba mempraktekan membuat kue ini, rongga sarang semutnya tidak terbentuk alias tidak bolong-bolong. Tapi apabila Anda melakukan resep di bawah ini dengan tepat, pasti hasilnya tidak akan mengecewakan.

Bahan-bahan yang di butuhkan:
·    75 gr tepung terigu
·    200 gr gula pasir
·    3 butir telur, kocok lepas
·    75 ml susu kental manis putih/coklat
·    200 ml air panas
·    1 sdt soda kue
·    25 gr tepung maizena
·    50 gr margarin, aduk-aduk menggunakan garpu sampai lembut
·    1/2 sdt baking powder (1/4 sdt baking powder double acting)
·    1/4 sdt garam

Cara membuat :
Pertama-tama panaskan gula di atas wajan teflon dengan api kecil sampai mencair dan berubah warna menjadi kecoklatan. Kemudian tuangkan air panas dan rebus hingga adonan karamel tersebut larut. Dan sisihkan sampai dingin. Setelah itu saring dan ukur sebanyak 250 ml. Apabila dirasa kurang bisa ditambah air. Sementara itu siapkan loyang yang berbentuk cincin berdiameter bawah 16 cm, lalu olesi margarin dan taburi terigu. Dan panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.

Ayak terigu, maizena, soda kue, baking powder dan garam kemudian masukkan dalam baskom atau  wadah besar. Masukkan telur dan air karamel secara berselang-seling dalam 3 tahap sambil terus diaduk menggunakan whisker sampai rata dan licin.kemudian masukkan margarin dan aduk hingga rata. Maka margarin akan begerindil kecil-kecil dan mengapung di atas adonan. lalu masukan susu kental manis dan aduk rata kembali. Maka adonan yang dihasilkan akan cair/encer. Dan tuang ke dalam loyang.

Panggang dalam oven selama 45 menit, setelah dirasa matang keluarkan dan dinginkan. Lalu potong dan sajikan. Kue sarang semut pun enak dinikmati di segala suasana.

Leave a Reply