free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Lelah Selama Kehamilan? Istirahatkan Kaki

Pada umumnya masa kehamilan dapat sangat melelahkan secara fisik. Hal ini dikarenakan pada masa kehamilan adanya perubahan hormon dalam tubuh. Dan untuk itulah Anda harus memiliki trik dan tips khusus agar tidak mudah lelah sepanjang kehamilan, Selain berbagai perubahan fisik yang dialami oleh tubuh Anda semasa kehamilan, maka kelelahan konstan merupakan salah satu masalah utama yang mungkin Anda akan hadapi selama kehamilan. Saat kelelahan ibu hamil biasanya akan beristirahat, dan salah satu cara ampuh untuk mengusir kelelahan yakni dengan mengistirahatkan kaki.

Mengapa kaki? Karena selama kehamilan Anda cenderung merasa lelah karena menahan bobot tubuh yang bertambah berat, dan kadang kala yang menjadi sangat letih dan lelah adalah bagian kaki. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips untuk Anda untuk mengatasi kelelahan pada kaki selama kehamilan, selamat mengikuti :

1.    Jangan Banyak Diam
Agar tidak mudah lelah selama hamil maka ada baiknya jika sebisa mungkin Anda tidak bersikap statis atau berdiam diri dalam posisi yang sama dalam waktu yang berlama-lama. Contohnya saat Anda sedang duduk, maka sebisa mungkin selalu luruskan kaki. Selain itu sempatkan juga untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dan sebaiknya tidur dengan posisi berbaring pada sisi kiri tubuh.

2.    Selalu Jaga Sikap Tubuh
Selalu jaga agar posisi tubuh senyaman mungkin dalam posisi apapun. Ini untuk menghindari rasa tidak nyaman pada ibu hamil yang mana akan menyebabkan keletihan. Jika posisi sedang duduk, maka duduklah dengan santai dimana bagian punggung tersangga dengan baik. Begitu juga saat berdiri, selalu taruh beban di kaki kiri dan kaki kanan secara bergantian. Begitu juga saat berbaring, selalu pastikan letak dada dan jantung lebih tinggi.

3.    Berolahraga
Dengan berolah raga ringan seperti berjalan kaki, berenang, yoga atau pilates pada ibu hamil maka akan membuat pembuluh venna pada betis menjadi aktif memompa darah kembali ke jantung, maka dengan begitu akan mengurangi kemungkinan varises yang mungkin terjadi.

4.    Lakukan Senam kaki.
Senama kaki juga akan mengusir lelah pada ibu hamil, caranya pun sangat sederhana yakni dengan cara luruskan kedua kaki, kemudian putar bagian pergelangan kaki, hal ini dilakukan agar pembuluh darah balik pada kaki tidak terhambat. Dan sebaiknya lakukan setiap 10 menit sekali.

5.    Gunakan Stocking khusus.
Jika perlu sebaiknya kenakan stocking khusus untuk menyangga betis, hal ini bertujuan agar dapat membantu memperlancar peredaran darah pada kaki.

6.    Oleskan Pereda Nyeri.
Jika pada bagian kaki terasa pegal dan nyeri maka sebaiknya oleskan obat pereda nyeri yang tentunya khusus diperuntukkan bagi ibu hamil, dimana dengan obat ini akan mengurangi rasa pegal selain itu aman bagi janin dan kehamilan ibu tersebut karena tidak menimbulkan efek samping.

7.    Hindari Stres Fisik Konstan
Kehamilan memang sedikit akan memperlambat aktifitas Anda, dengan ini maka energi tubuh pun akan terkuras selama kehamilan, jadi sebaiknya hindari rasa lelah berlebihan karena terlalu banyak beraktifitas.

Nah itulah beberapa cara untuk meghilangkan keletihan yang salah satunya berada pada bagian kaki. Jadi agar nyaman selama masa kehamilan selalu perhatiakan dan istirahatkan bagian kaki Anda

Leave a Reply