free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Lowongan CPNS Kemenkeu 2013 Terbuka Untuk 630 Sarjana

Berdasarkan Informasi yang di dapat baru-baru ini, bahwa tersebar kabar yang menyebutkan bahwa Kementerian Keuangan berencana membuka lowongan untuk para sarjana yang ingin menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang mana  Kemenkeu membutuhkan sekitar 630 orang pegawai negeri sipil tingkat sarjana yang akan ditempatkan di seluruh unit kementerian.

Kementerian Keuangan dimana merupakan salah satu institusi Pemerintahan yang terpenting di negara Indonesia. Hal ini karena peran Kementerian Keuangan yang bertanggungjawab untuk mengelola pendapatan Negara, pengeluaran negara dan aset negara melalui pengelolaan APBN. Kementrian keuangan pada tahun 2013 size APBN sudah di atas Rp. 1.600 triliun, naik dua kali lipat dalam 5 tahun terakhir. Dan angka tersebut akan semakin meningkat karena ekonomi Indonesia tumbuh dengan amat baik, bahkan banyak pengamat menyatakan pada tahun 2030 kita akan menjadi ekonomi terbesar ke-6 di dunia. Dengan ini maka peranan Kementerian Keuangan akan semakin penting untuk tetap menjaga momentum pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dimana pro growth dan juga pro-poor melalui instrumen kebijakan fiskal.

Seleksi CPNS untuk Kementerian Keuangan dimana membuka lowongan untuk para sarjana menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) rencananya  akan dilaksanakan Juli-Agustus 2013. Seleksi CPNS yang meripakan salahsatu kementerian terfavorit itu akan sejalan dengan rencana pemerintah yang akan merekrut 60.000 orang calon PNS pada Agustus 2013, Walaupuan sampai dengan saat ini Kemenkeu belum mengumumkan secara resmi rencana penerimaan CPNS tersebut. Dan menurut rencana mengenai semua informasi terbaru baru akan diumumkan pada pertengahan bulan ini melalui situs resminya www.depkeu.go.id.

Jadi bagi Anda sarjana S1 yang berminat mengikuti seleksi minimal harus mengantongi IPK 3.0 dan berusia kurang dari 27 tahun per 1 September 2013. Selain itu para sarjana tersebut harus menyiapkan ijazah SD, SMP, SMA, dan S1/S2 asli dan foto copy yang telah dilegalisir rangkap lima. Jangan lupa siapkan juga berkas asli dan foto copy KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, surat keterangan badan sehat/bebas narkoba, dan kartu kuning dari Kemenakertrans. Pendaftaran gratis melalui website

Dengan dapat bergabung dengan Kementerian Keuangan merupakan kesempatan besar bagi para generasi muda untuk dapat mengawal pembangunan nasional dan juga reformasi birokrasi. Untuk itu Kementerian Keuangan membutuhkan pemuda pemudi bangsa yang berkompetensi tinggi sekaligus berintegritas tinggi untuk bergabung bersama dan membangun bangsa untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan. Dan untuk rekrutmen tersebut Kementerian Keuangan menggunakan Sistem Sel, yakni dengan membentuk beberapa tim kerja yang melaksanakan setiap tahapan seleksi secara terpisah dan bertanggungjawab langsung kepada Ketua Panitia Pusat Rekrutmen. Sistem Sel dibentuk untuk menghindari adanya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme dalam pelaksanaan rekrutmen. Proses rekrutmen di Kementerian Keuangan yang dilaksanakan selalu menggunakan prinsip transparan, obyektif, kompetitif, akuntabel, bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, tidak diskriminatif, efektif dan efisien.

Untuk itu mkaa bagi setiap peserta yang mengikuti rekrutmen di Kementerian Keuangan, akan melalui tahapan/seleksi yang terdiri dari:
1.    Seleksi Administrasi
2.    Tes Kompetensi Dasar
3.    Psikotes
4.    Tes Kesehatan dan Kebugaran
5.    Wawancara yang diperuntukkan bagi peserta dengan tingkat pendidikan sarjana
6.     Pemberkasan.

Leave a Reply