free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Puasa

Memasuki bulan Ramadhan seperti saat ini tentu saja merupakan saat yang membahagiakan karena semua amal ibadah dilipatgandakan oleh Tuhan yang Maha Esa. Selain itu saat berpuasa juga dimana menhan lapar dan haus selama hampir 14 jam akan membuat organ-organ tubuh ikut beristirahat. Sehingga tubuh pun secara alamiah melakukan detoksifikasi atau membuang racun yang selama ini menumpuk di dalam tubuh. Saat berpuasa juga kita tetap harus teliti dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, tentu saja tujuannya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selam berpuasa maka ada jenis makanan dan juga minuman yang harus dihindari. Apa saja jinis makanan dan minuman tersebut? Yuk ladies simak selengkapnya berikut ini :

1.    Hindari Makanan Bersantan


Ini merupakan salah satu yang terberat ya ladies, karena makanan bersantan seperti halnya kolak sangat mudah dijumpai di bulan Ramadhan. Dengan mengkonsumsi makanan bersantan tentu saja akan menyebabkan kadar kolesterolnya meningkat, tekanan darahnya naik dan kadar gula darah melambung. Makanan bersantan juga merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memicu penyakit pembuluh darah seperti stroke, jantung, serta kenaikan kadar asam urat, dan lain sebagainya.

Untuk tetap menjaga kesehatan selama berpuasa bukan berarti Anda dilarang mengkonsumsi makanan bersantan, akan tetapi konsumsi dengan bijak dan tepat

2.    Hindari Makanan Berlemak


Seperti kita tahu ladies bahwa makanan yang digoreng dalam rendaman minyak merupakan salah satu jenis makanan yang berlemak. Untuk itu sebaiknya hindari saat sahur atau pun berbuka. Kandungan lemak memang akan membuat gurih pada masakan, akan tetapi makanan yang mengandung banyak lemak sangat tidak dianjurkan, tentu saja akan menyebabkan kegemukan, berbagai gangguan pencernaan serta nyeri di ulu hati. Dengan mengkonsumsi makanan berlemak juga akan membuat perut cepat kenyang, sehingga makanan lain yang lebih bernutrisi tidak selera untuk dikonsumsi

3.    Hindari Makanan Besar


Seperti yang di anjurkan Nabi bahwa berbuka dengan yang manis tentulah sangat tepat. Karena dengan berbukalah hanya dengan makanan ringan maka lambung tidak kaget. Sebaiknya apabila Anda berbuka langsung dengan makanan berat, maka bisa jadi pencernaan Anda akan kaget sehingga lambung harus langsung bekerja mencerna makanan setelah sebelumnya beristirahat bekerja selama sepanjang hari. Selain itu biasakan juga mengunyah makanan dengan baik karena dengan ini akan dapat meringankan kerja pencernaan.

4.    Hindari Minuman Bersoda


Mungkin Anda merupakan salah satu penggemar minuman bersoda, akan tetapi pada bulan yang mulia ini sebaiknya Anda harus menghindarinya. Mengapa demikian ? Karena soda dapat menyebabkan ganguan pada perut dan dapat berakibat pada terganggunya sistem pencernaan tubuh. Kandungan air soda sangat mudah menyerap air. Sehingga walaupun kita mengkonsumsi banyak minuman bersoda, tubuh kita tetap  tidak akan merasa kenyang dan juga tidak akan meredakan rasa haus, malah sebaliknya dimana Anda akan jadi lebih mudah merasakan haus.

5.    Hindari Minuman Dingin


Tentu saja setelah seharian berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan akan merasa kehausan. Dengan kondisi ini kebanyakan orang akan sangat menginginkan minuman dingin yang menyegarkan. Tapi ternyata dengan kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa merupakan salah satu kebiasaan yang tidak sehat karena dapat menyebabkan konstraksi pada lambung.

Itulah jenis makan dan minuman yang harus dihindari saat bulan Ramadhan. Semoga Informasi ini akan bermanfaat sehingga Anda lebih cermat memilih makanan agar dapat tetap berpuasa dengan sehat selama sebulan penuh.

Leave a Reply