free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Makanan Dingin Menyegarkan Pelepas Dahaga

Di siang yang menyengat dan saat berada di bawah sinar matahari langsung, sudah tentu tubuh terasa panas dan juga terasa dahaga. Tentunya saat tubuh mulai kehausan maka yang ingin diminum adalah minuman dingin yang menyegarkan seperti minuman bersoda. Daripada Anda mengkonsumsi minuman ataupun makanan yang tidak sehat seperti halnya minuman bersoda, ada baiknya jika Anda menghilangkan rasa dahaga dengan makanan yang ampuh untuk mendinginkan tubuh sekaligus menyehatkan. Makanan apa saja itu? Berikut adalah makanan yang ampuh menghalau panas. Seperti yang di katakan Zuckerbrot MS, RD, seorang ahli diet yang berpraktik New York City, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Fox News, berikut makanan-makanan tersebut :

1.    Semangka


Nama lain buah ini yakni watermelon, sama seperti namanya yakni melon air. Disebut demikian kerena buah semangka 90 persen melimpah air, tentu saja sangat baik dan sempurna sebagai pelepas dahaga saat cuaca sedang panas atau selepas olahraga. Buah semangka dapat mengisi ulang cairan elektrolik yang hilang bersama keringat Anda. Selain itu Anda juga mendapat nutrisi dan gizi yang baik dari semangka, karena dari buah yang berwarna merah ini mengandung vitamin C, A, dan antioksidan lycopene.

2.    Ketimun


Seperti kita ketahui bahwa ketimun atau mentimun sebagian besar mengandung air. Sehingga apabila Anda makan satu buah ketimun saja maka sama dengan meneguk banyak air. Manfaat dari mentimun ini tentulah sangat banyak salah satunya yakni mampu mengurangi pembengkakan dan juga kembung. Zuckerbrot juga menambahkan bahwa ketimun sangat membantu ketika Anda mengenakan baju renang.

Selain itu penulis buku “Miracle Carb Diet: Make Calories and Fat Disappear” juga memberi  tips kepada Anda untuk menggunakan irisan mentimun yang ampuh meringankan bengkak pada mata dan juga mata kering, hal tersebut disebabkan karena terlalu banyak sinar matahari dan klorin.

3.    Radish


Radish merupakan sejenis lobak yang berbentuk bola berwarna ungu-merah. Radish sendiri  sangat baik untuk diet musim panas. Hal ini dikarenakan radish kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Rabish sendiri akan memberi efek pendinginan karena kadar air yang tinggi. Selain itu rasa khasnya yang  pedasnya dapat memberi rasa unik di salad daun hijau.

4.    Buah-buahan


Bicara tentang kesegaran, tentu tidak ada yang bisa mengalahkan buah-buahan. Buah persik, plum, jeruk dan berry merupakan sebagian kecil pilihan buah yang baik untuk mendinginkan. Selain dikonsumsi secara lansung, untuk mendapatkan rasa yang super dingin, Anda dapat juga menghaluskan buah-buah atau beri tersebut lalu masukkan dalam resep favorit Anda.

5.    Grapefruit


Grapefruit merupakan buah-buahan yang mengandung citrus seperti buah lemon, limau, jeruk. Dan anggurlah buah yang paling mendinginkan dibanding lainnya. Selain terdapat rasa asam dan juga manis yang khas, grapefruit  juga mengandung enzim peledak lemak yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

6.    Mint


Tentu saja sangat masuk akal apabila mint termasuk yang dapat membuat Anda dingin, tentunya seperti yang Anda rasakan ketika mengunyah permen karet. Apabila Anda mengunyah daun mint segar  maka akan terasa  pedas yang ketika digigit kemudian terasa dingin dan menyegarkan lidah. Sebaiknya cobalah tambahkan mint di minuman dingin atau juga  masukkan ke salad buah. Selain itu Anda juga bisa mencampurkan daun mint dengan minyak dimana sangat ampuh untuk mendinginkan kulit yang panas secara alami.

Itulah makanan yang ampuh untuk mendinginkan dan menghilangkan dahaga yang juga menyehatkan karena banyak manfaat dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Selamat mencoba

Leave a Reply