free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Makanan Pelancar Siklus Menstruasi

Menstruasi pada seorang wanita dewasa merupakan hal yang rutin terjadi setiap bulannya, lamanya menstruasi mulai 3 sampai dengan 5 hari, sedangkan siklus menstruasi sendiri dapat bervariasi mulai dari 28 sampai dengan 30 hari. Akan tetapi siklus menstruasi tersebut tidak selamanya berjalan lancar dan tepat. Tidak teraturnya siklus menstruasi tersebut bisa disebabkan banyak faktor mulai dari hormonal, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, olahraga yang sangat berlebihan, dan konsumsi obat-obatan sampai dengan akan memasuki masa menopause. Siklus menstruasi sendiri biasanya akan kita hitung dari tanggal pertama menstruasi sampai periode berikutnya.

Nah, ladies jika merasa siklus menstruasi tidak lancar dan menyebabkan badan tidak enak, maka salah satu cara untuk mensisatinya adalah dengan mengkonsumsi makan yang ampuh untuk memperlancar siklus menstruasi itu sendiri. Makanan seperti apakah itu? Ini dia makanan tersebut seperti yang dilansir Boldsky berikut ini :

1.    Sayuran Hijau


Makanan pertama yang sangat baik untuk kelancaran siklus menstruasi adalah sayuran hijau. Makanan ini sebaiknya dimasukan dalam menu harian Anda. Contoh sayuran hijau sendiri seperti bayam, kangkung, brokoli dan lain-lain. Apabila Anda bosan dengan cara memasaknya yang itu-itu saja bisa disiasati dengan mengolahnya dalam bentuk makanan lain seperi keripik, kue dan lain sebagainya.

2.    Yogurt


Yogurt merupakan produk olahan susu yang kaya akan kalsium dan juga protein. Yogurt sendiri sangat baik untuk kesehatan selain untuk memperlancar siklus menstruasi itu sendiri. Jadi tidak ada salahnya jika rutin mengkonsumsinya. Dengan rasanya yang asam manis tentu akan sangat nikmat di santap di segala suasana

3.    Telur


Telur merupakan sumber makanan yang sangat kaya akan protein, kalsium dan juga vitamin. Dimana protein yang dikandung di dalam telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi yang tidak lancar. Sebaiknya konsumsi telur dengan cara di rebus agar lebih sehat

4.    Brokoli


Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat efektif untuk memperlancar siklus menstruasi. Anda bisa mengkonsumsinya dengan menyisipkan brokoli pada sayur kesukaan Anda atau di olah menjadi makanan lain yang enak dan nikmat.

5.    Biji Wijen


Ternyata biji wijen yang biasanya terdapat pada kue onde-onde ternyata ampuh untuk  memperlancar siklus menstruasi. Tapi ingat ya ladies jangan konsumsi biji wijen secara berlebihan karena biji wijen bisa meningkatkan panas tubuh

6.    Salmon


Ikan yang terkenal kaya gizi ini juga ternyata baik untuk siklus menstruasi, dengan kalsium dan vitamin D yang tinggi selain dapat memperkuat tulang, ternyata salmon juga dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon. Jadi jangan lupa untuk masukan dan mengkonsumsi ikan salmon ke dalam menu harian Anda

7.    Susu Kedelai


Susu kedelai sendiri merupakan hasil sari dari kacang kedelai. Susu kedelai ini mempunyai banyak kandungan gizi dan vitamin sehingga tentunya akan baik untuk kesehatan tubuh, begitu juga untuk mengatasi masalah menstuasi.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang dapat membantu untuk memangat perlancar siklus haid atau menstruasi. Tapi apabila Anda mengalami masalah siklus yang sangat tidak teratur dan bermasalah sebaiknya segera hubungi dokter.

Leave a Reply