free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Makanan Sehat Yang Harus Dikonsumsi Anak-anak

Apakah Anda ingin melihat si buah hati tumbuh dan berkembang dengan sehat, berprestasi di sekolah, mandiri, berenergi dan bersemangat ? Untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak Anda maka harus di beri nutrisi dan vitamin yang baik untuk pertumbuhannya. Dan untuk mendukung itu senua di butuhkan sumber makanan yang baik dan sehat. Lalu apa saja makanan serta nutrisinya yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak ? berikut ini makanan sehat yang harus di konsumsi oleh anak-anak :

1.    Gandum
Fungsi gandum disini adalah untuk asupan energi yang baik untuk tubuh anak Anda. Dengan sarapan berupa semangkuk bubur gandum (oatmeal) yang hangat dan lembut akan menjadi menu sarapan favorit si buah hati yang penuh akan manfaat dan nutrisi. Dengan kandungan karbohidrat yang ada dalam oatmeal yang lambat dibakar oleh tubuh dan kaya serat, sehingga menyediakan asupan energi menerus yang bisa dimanfaatkan sepanjang hari oleh tubuh dan otak anak Anda. Maka dengan memulai hari dengan terpenuhinya karbohidrat kualitas tinggi maka akan membantu anak tetap fokus pada kegiatan dan juga belajarnya.

2.    Salmon
Ikan salmon dikenal kaya akan manfaat, dan ikan salmon disini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan otak anak. Dengan Omega-3 yang terkandung di dalamnya  khususnya DHA merupakan sebuah komponen yang penting dari membran sel otak. Untuk membuat anak menyukai salmon sebaiknya diberi pelapis manis seperti teriyaki, atau campurkan salmon pada hidangan pasta dengan saus lemon dan bawang putih yang lezat.

3.    Kacang-Kacangan
Fungsi kacang disini untuk meningkatkan mood anak. Dengan fluktuasi drastis kadar gula dalam darah dapat membuat anak menjadi rewel, jadi untuk menghindari hal ini maka di butuhkan kacang-kacangan yang kaya akan serat yang larut, seperti kacang hitam, pinto, kacang merah, dan kacang-kacangan yang mengandung zat tepung lainnya memiliki tekstur  yang halus dan baik

4.    Telur
Fungsi telur disini yaitu untuk membangun otot, karena dalam masa pertumbuhannya
anak selalu membentuk jaringan otot baru ketika mereka tumbuh, dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam telur  akan membantu anak mendapatkan protein dengan kualitas tinggi yang cukup. Agar anak tidak bosan dengan hidangan telur ceplok atau telur  dadar saja, maka cobalah untuk mengkombinasikan 1 butir telur utuh dengan 2 sampai 3 putih telur untuk mengurangi lemak jenuh dan kolesterol yang ada pada kuning telur. Selain itu untuk tambahkan nutrisi dapat di tambah dengan mencampurkan  sayuran berwarna-warni seperti paprika merah, bayam, tomat, brokoli atau bisa juga di tambahkan keju yang kaya kalsium dan rendah lemak

5.    Bayam
Fungsi bayam disini adalah untuk mempertajam penglihatan mata anak. Dimana dalam kandungan bayam terdapat bahan trifecta untuk meningkatkan kesehatan dan ketajaman mata, yaitu beta-karoten, lutein, dan vitamin E. Sebagai tambahan, bayam untuk anak yang telah dibersihkan dan dimasak dan dikemas dalam kantong dan bahkan tidak perlu dipotong, sehingga benar-benar menghemat waktu bagi ibu yang sibuk. Dengan sajian bayam hangat dapat juga dihidangkan dengan pasta atau potongan ayam panggang. Dengan cara ini diharapkan anak akan semakin suka untuk mengkonsumsi bayam.

Nah, bunda itulah makanan sehat yang sebaiknya di konsumsi oleh anak-anak. Selain dapat menyehatkan tubuh juga akan memberikan banyak nutrisi penting untuk anak.

Leave a Reply