free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Makanan Wajib Ibu Menyusui

Bagi wanita yang baru melahirkan pasti menginginkan untuk menyusui bayinya, karena setiap ibu pasti  menginginkan hal terbaik yang dapat diberikan kepada bayinya, oleh karena itu saat menyusui ada beberapa makanan wajib yang harus di konsumsi sang ibu. Tetapi kadang si Ibu merasa risau karena mungkin ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan dan tidak ingin mengkonsumsi makanan yang diwajibkan tadi. Jangan Khawatir dulu, karena setelah melahirkan justru si Ibu perlu gizi untuk memulihkan diri dengan teratur mengonsumsi makanan yang meningkatkan energi dimana akan memberikan stamina yang dibutuhkan untuk menjadi ibu terbaik yang Anda bisa. Dibawah ini adalah makanan-makanan wajib bagi ibu yang sedang menyusui. Tubuh Anda dan juga si buah hati akan sangat baik bila rutin mengonsumsi makanan-makanan ini:

1.    Beras Coklat atau Beras Merah
Apabila Anda tetap menginginkan untuk segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, tentu salah satu syaratnya adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat Anda. Tetapi tetap harus di ingat bahwa dengan kehilangan berat badan terlalu cepat dapat menyebabkan berkurangnya ASI untuk si kecil dan juga akan membuat Anda merasa lesu. Untuk mensiasati hal ini sebaiknya makanlah jenis karbohidrat yang sehat seperti beras coklat atau beras merah atau bisa juga roti gandum untuk menjaga tingkat energi anda.

2.    Daging Sapi Tanpa Lemak
Masa menyusui dimana Anda harus mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan energi Anda, oleh karena itu carilah makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging tanpa lemak. Apabila Anda kekurangan zat besi maka akan menguras tingkat energi sehingga sulit untuk mengurusi dan menyusui bayi Anda yang baru lahir.
Jadi Anda memang perlu mengkonsumsi protein tambahan dan juga vitamin B-12. Dan daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk memenuhi keduanya.

3.    Kacang-kacangan
Saat menyusui diperlukan protein untuk nutrisi bayi Anda, tetapi apabila Anda seorang vegetarian maka disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, terutama kacang-kacangan yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, selain kaya akan protein yang berkualitas non-hewani, kacang-kacangan juga mengandung zat besi selain itu harganya pun tidak menguras kantong Anda

4.    Sayuran Berwarna Hijau
Untuk mengkonsumsi sayuran tidak saja bagi ibu yang sedang menyusui karena sudah terbukti terdapat banyak manfaat untuk tubuh, apalagi untuk ibu menyusui tentu banyak manfaat sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Sayuran hijau sangat kaya dengan vitamin A dimana sangat diperlukan bayi dari ASI. Selain itu sayuran juga merupakan sumber kalsium non susu, vitamin C, zat besi, antioksidan dan juga rendah kalori.

5.    Telur
Kuning telur dikenal merupakan salah satu sumber alami vitamin D  dimana nutrisinya sangat penting untuk menjaga tulang agar kuat. Sehingga dapat membantu tulang bayi Anda tumbuh dengan baik apabila Ibu menyusui mengkonsumsinya, Sebaiknya siapkan telur dadar untuk sarapan dengan roti gandum, atau juga tambahkan telur rebus pada sajian berkuah saat makan siang.

6.    Ikan Salmon
Memang tidak ada satu jenis makanan pun yang sempurna. Tetapi ikan salmon paling mendekati. Karena makanan terbaik untuk ibu menyusui adalah mengandung DHA. Dimana DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi Anda. Semua ASI yang diberikan tentu mengandung DHA, tetapi tingkat nutrisi lebih tinggi apabila Ibu menyusui mendapatkan DHA tambahan dari makanan mereka.

7.    Jeruk
Buah jeruk mudah ditemukan dimana-mana dan juga sudah pasti bergizi, nutrisi pada buah jeruk sangat penting karena ibu menyusui sangat membutuhkan vitamin C dosis tinggi, bahkan mungkin lebih banyak daripada ibu hamil. Selain mengkonsumsi langsung buah jeruk, Anda juga bisa minum jus jeruk yang memberikan manfaat yang sama.

Nah itulah beberapa makanan yang wajib di konsumsi Ibu menyusui, agar bayi dan ibunya sehat serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga dapat bermanfaat ya Bunda..

Leave a Reply