free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Dalam menjalankan aktifitas sehari-hari memang di butuhkan daya ingat yang baik. Daya ingat memang sangat penting dan di butuhkan semua orang. Akan tetapi daya ingat pada setiap orang berbeda-beda tergantung dari kondisi kesehatannya. Ada orang yang memiliki daya ingat yang sangat tinggi dimana mampu menghafal berbagai pelajaran yang sulit dan mudah untuk menghapalnya. Tetapi disisi lain ada sebagian orang justru pelupa dan bahkan tidak ingat nama temannya sendiri. Itulah pentingnya menjaga daya ingat agar tetap baik.

Tingkat ketajaman daya ingat dipengaruhi berbagai faktor, seperti faktor kesehatan, genetika, psikis, dan juga lingkungan. Tetapi apabila Anda merasa sedikit pelupa, ada beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat seperti dibawah ini :

1. Kacang-kacangan
Menurut the American Journal of Epidemiology, kacang-kacangan atau pun selai kacang yang mengandung lemak yang baik, sangat bermanfaat untuk tubuh karena dapat memperbaiki sistem kerja otak. Dan tentu saja apabila kerja otak sudah baik maka daya ingat pun akan meningkat.

2. Ikan
Orang tua dulu selalu mengajarkan kita agar menyukai menyantap hidangan ikan dengan alasan supaya tidak cepat lupa dan juga agar menjadi anak pintar. Dan ternyata hal itu bukanlah isapan jempol belaka, Pada ikan terdapat nutrisi yang dapat mempertajam daya ingat, hal ini dikarenakan ikan mengandung DHA dan asam lemak omega 3 yang tentu saja berpengaruh pada fungsi otak untuk mempertajam ingatan akan sesuatu. Bahkan menurut Yves Sauve, seorang peneliti dari the department of ophthalmology and the Centre for Neuroscience, menyatakan bahwa banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA akan membuat sel-sel ingatan di dalam hippocampus dalam otak terhubung dengan baik satu sama lain. Dan contoh ikan yang banyak mengandung banyak DHA adalah seperti ikan mackarel, ikan tuna, ikan salmon, dan jenis ikan laut lainnya.

3. Popcorn
Cemilan yang tidak akan pernah ketinggalan untuk di makan saat nonton ini ternyata mampu meningkatkan daya ingat. Hal ini karena popcorn mengandung banyak vitamin seperti B6, B12 dan E yang tentu saja baik untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat seseorang. Selain itu popcorn juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat Anda bekerja.

4. Tomat
Tomat dipercaya kaya akan antioksidan dan juga lycopene yang dapat membantu untuk mencegah berbagai kerusakan yang ditimbulkan radikal bebas yang disebabkan oleh faktor usia. Selain itu tomat juga mampu mempertajam daya ingat karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada buah tomat.

5. Teh hijau
Dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research telah mempublikasikan sebuah penelitian tentang manfaat dari teh hijau. Dan hasilnya didapati bahwa kandungan EGCG yang terkandung dalam teh hijau ternyata ampuh untuk melawan penyakit degeneratif  dan meningkatkan daya ingat yang diakibatkan penyakit atau kondisi tertentu.

6. Kafein
Kafein yang terdapat pada kopi, coklat, teh dan lain-lain, selain dapat menghilangkan rasa kantuk ternyata bisa membuat otak lebih berkonsentrasi dan lebih fokus. Dimana keadaan otak akan berada dalam posisi terjaga dan juga konsentrasi setelah Anda meminumnya.

7. Sarapan pagi
Ternyata dengan membiasakan sarapan di pagi hari dapat membantu kinerja otak untuk bekerja sehari penuh. Oleh karena itu agar Anda tidak merasa sering lupa saat beraktifitas jangan lewatkan untuk sarapan. Walaupun hanya dengan segelas susu dan sepotong roti. Sebenarnya saat sarapan pagi tidak perlu banyak mengkonsumsi makanan, yang terpenting adalah makanan tersebut mengandung protein yang cukup.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk meningkatkan daya ingat Anda. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Kami:

Cara Cepat Hamil

Leave a Reply