free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Makanan Yang Dapat Meredakan Berbagai keluhan Saat Kehamilan

Selama menjalani masa kehamilan atau sedang mengandung, maka wanita tersebut kerap kali mengeluh akan berbagai hal, mulai dari disebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan, seperti munculnya rasa mual yang sering dirasakan pada setiap pagi hari, penyakit diare yang menyerang, atau juga kesulitan BAB atau sulitnya buang air besar. Dengan permasalahan seperti di atas maka akan mempengaruhi selera makan ibu hamil.

Padahal seharusnya seorang ibu yang sedang dalam masa kehamilan harus terpenuhi asupan nutrisi yang mana akan sangat menentukan kesehatan ibu dan juga janin, Untuk mensiasati hal tersebut maka  di butuhkan beberapa jenis makanan yang dapat membantu untuk meredakan berbagai keluhan saat sedang hamil. Di bawah ini adalah beberapa contoh keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil disertai dengan   resep praktis untuk mengatasinya, berikut selengkapnya :

1.    Jika Muncul Mual-mual di Pagi Hari
Nah, jika Anda mengalami hal seperti ini maka sebaiknya cobalah untuk makan biskuit atau crackers, sereal, atau pretzel sebelum tidur. Sebenarnya ibu hamil harus tetap mengurangi porsi makanan, akan tetapi harus menambah frekuensi makannya. Selain itu juga ibu hamil harus tetap ingat untuk selalu menghindari makanan berlemak, termasuk seperti goreng-gorengan.

2.    Jika Ibu sulit BAB (Buang Air Besar)
Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya ibu lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Tidak lupa konsumsi makanan berserat. Selain itu jangan lupa untuk minum air putih sebanyak 6 sampai dengan 8 gelas per hari. Hal ini untuk mencegah dehidrasi dan juga tetap menjaga kesehatan dan juga kebugaran

3.    Diare
Masalah ini juga sering di alami ibu hamil. Untuk mengatasi masalah diare ibu hamil di anjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung pektin dan gum, dimana kedua jenis serat ini dipercaya mampu menyerap kelebihan air. Dan  contoh makanan yang mengandung kedua jenis serat tersebut contohnya seperti saus apel, pisang, nasi putih, oatmeal, roti gandum, dan selai kacang.

4.    Jantung Berdebar
Apabila ibu hamil mengalami keluhan jantung berdebar maka dapat diredakan dengan makan dalam porsi yang kecil akan tetapi dengan frekuensi yang lebih sering. Selain makan dengan rutin usahakan juga untuk selalu minum susu sebelum makan. Hindari juga minuman seperti soda atau kafein, karena akan membuat selera makan menurun. Dan apabila hal ini terjadi maka akan sangat berakibat tidak baik untuk janin di dalam kandungan.

Nah bunda itulah beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan bernutrisi tinggi maka Anda dan janin pun akan tumbuh sehat dan prima. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan juga tentunya untuk perkembangan si buah hati di dalam rahim.

Leave a Reply