free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Makanan Yang Harus Dikonsumsi Wanita Menopouse

asupan yang baik untuk wanita menopauseMasa menopause merupakan kondisi normal yang akan dialami oleh para wanita seiring dengan bertambahnya usia. Istilah menopause sendiri berarti apabila seorang wanita mengalami berhenti menstruasi yang mana merupakan tanda akhir dari periode reproduksinya. Wanita yang mengalami menopause biasanya pada usia 50 tahun. Tetapi tidak menutup kemungkinan dimana banyak pula yang mengalaminya di usia 40 tahunan.

Seorang wanita akan berkembang dengan terus memproduksi hormon estrogen dan juga  progesteron dimana berfungsi untuk mengatur menstruasi serta ovulasi. Sedangkan masa menopause terjadi saat ovarium seorang wanita tidak bisa lagi melepaskan telur setiap bulannya sehingga pemberhentian menstruasi pun terjadi.

Apabila seorang wanita mengalami menopause di usia sebelum 40 tahun maka dinyatakan sebagai menopause dini. Beberapa alasan wanita mengalami menopouse dini karena disebabkan oleh banyak faktor, seperti  kerusakan pada indung telur, baru saja mengalami operasi, adanya hasil dari genetika, gangguan autoimun, atau prosedur medis.
Asupan kalsium memang sangat penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dan terutama lagi untuk wanita yang ingin memiliki tulang yang kuat dan sehat. Begitu juga untuk wanita yang memasuki masa menopouse. Wanita menopause sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dalam menu harian agar tulang tetap kuat walaupun sudah menua. Makanan berkalsium lain yang harus dikonsumsi wanita menopouse adalah seperti di bawah ini, seperti yang di lansir dari Boldsky berikut ini :

1.    Susu Kedelai
Susu kedelai sendiri merupakan salah satu produk susu yang di olah dari bahan kedelai, dimana kedelai dikenal memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Minuman susu kedelai ini mampu memperkuat tulang dan juga meningkatkan pembentukan sel darah merah

2.    Susu
Susu merupakan salah satu sumber terbesar kalsium yang harus dimasukkan dalam menu harian wanita menopause. Fungsi susu selain dapat membantu memperkuat tulang wanita yang menopouse  juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah dehidrasi.

3.    Keju
Wanita pada masa menopouse memang membutuhkan banyak asupan kalsium dan salah satu produk sumber kalsium lain adalah keju. Keju merupakan makanan yang berasal dari susu dan keju parmesan adalah salah satu keju sehat yang sangat kaya akan kalsium.

4.    Salmon
Ikan salmon juga sangat kaya akan kandungan kalsium dan juga vitamin D. Jadi wanita menopause harus mengonsumsi ikan salmon ini dalam menu harian mereka.

5.    Brokoli
Brokoli merupakan sayuran hikau yang kaya akan kalsium juga, jadi jangan lupakan sayuran hijau brokoli dalam daftar makanan sehari-hari wanita yang dalam masa menopouse.

6.    Bayam
Bayam merupakan makanan super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bayam juga kaya akan kandungan kalsium dan vitamin penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh seperti halnya wanita menopouse.

7.    Almond
Cemilan yang sehat untuk wanita menopouse adalah yang banyak mengandung kalsium. Dan Almond merupakan pilihan yang tepat, karena makanan yang satu merupakan makanan yang kaya akan serat, tinggi akan kalsium dan juga kandungan vitamin.

8.    Udang
Udang merupakan jenis makanan laut yang sehat dan juga merupakan salah satu sumber makanan yang kaya kalsium. Udang sangat baik jika dikonsumsi wanita menopouse akan tetapi jangan dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan alergi

Itulah jenis makanan sehat yang sangat baik di konsumsi oleh wanita menopause. Masa menopause membuat wanita rentan mengalami patah tulang dan permasalah tulang lainnya karena disebabkan kekurangan kalsium. Jadi konsumsi makanan dan minuman kaya kalsium seperti di atas.

Leave a Reply