free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Sabda Rasulullah S.A.W.,

“Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri kamu yang hamil, kerana sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, nescaya anak yang bakal dilahirkan itu menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas pemikirannya.”

Berdasarkan sabda Rasullulah di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa buah kurma sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Lalu apa saja manfaat buah kurma untuk ibu hamil dan bayinya? Simak selengkapnya berikut ini :

Buah kurma atau yang memiliki bahasa latin Phoenix dactylifera merupakan salah satu buah yang  banyak ditemukan saat memasuki bulan puasa. Walaupun di Indonesia sendiri buah kurma tidak tumbuh subur tapi kita dapat dengan mudah mendapatkannya. Untuk itu bagi Anda yang sedang hamil tidak ada salahnya jka mengkonsumsi buah kurma. Dan berikut ini selengkapnya tentang manfaat buah kurma :

1.    Mengontrol Laju Gerak Rahim
Kandungan gula dan vitamin B1 yang terdapat pada buah kurma, jika di konsumsi oleh ibu hamil akan sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan juga menambah masa sistolenya atau kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Karena kandunagn gula pada buah kurma sendiri sangat mudah dicerna dengan cepat oleh tubuh. Buah kurma juga sangat disarankan di konsumsi untuk wanita hamil dan yang akan melahirkan dan bahkan selama dalam masa nifas setelah melahirkan.

2.    Memperlancar Produksi ASI.
Buah kurma mengandung  zat besi dan kalsium yang mana merupakan pembentuk ASI yang sangat baik. Untuk itu bagi ibu yang sedang menyusui bayinya sangat disarankan untuk  mengonsumsi buah kurma agar produksi asinya lancar. Dimana zat besi dan Kalsium sendiri merupakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Dengan terpenuhinya kedua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum melalui ASI

3.    Memulihkan Tenaga Setelah Proses Persalinan.
Kandungan di dalam sebutir kurma terdapat :
·    Protein 1,8 s.d 2 %
·    Serat 2 s.d 4 %
·    Glukosa 50 s.d 57 %
Dengan kandungan seperti di atas maka akan sangat baik jika dikonsumsi setelah proses persalinan karena khasiat buah kurma dapat cepat mengembalikan tenaga ibu dalam waktu singkat. Selain itu kandungan gula yang terdapat dalam buah kurma merupakan jenis glukosa yang mudah diserap tubuh sehingga aman untuk penderita diabetes.

4.    Melancarkan BAB
Ibu hamil maupun setelah melahirkan seringkali memilki masalah denagn buang air besar (BAB), untuk itu sangat disarankan utnuk mengkonsumsi buah kurma karena memiliki kandungan kandungan vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, kalium dan serat dalam jumlah cukup untuk membantu mempermudah BAB.

5.    Mengecilkan rahim.
Kandungan di dalam kurma sendiri terdapat semacam hormon (potuchsin) yang mana sangat berkhasiat untuk mengecilkan pembuluh darah dalam rahim sehingga dengan mengkonsumsi buah kurma setelah melahirkan akan membantu mengecilkan rahim sekaligus mencegah perdarahan pada rahim.
Itulah beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil dan juga janin serta manfaat yang di dapat setelah melahirkan. Jadi jangan ragu untuk memperbanyak mengkonsumsi buah kurma baik selama masa kehamilan atau pun setelah persalinan.

Leave a Reply