free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Manfaat Garam Dapur

Seperti kita tahu bahwa garam merupakan bumbu dapur yang paling penting dan jenis bumbu dapur yang paling sering di jumpai. Selain merupakan salah satu bumbu terpenting garam juga merupakan jenis bumbu paling tua yang dikenal manusia. Berdasaran World-foodhistory.com telah mencatat bahwa garam diperkirakan mulai dikenal manusia sekitar 10 ribu tahun sebelum  masehi

Pada 2.000 tahun sebelum masehi garam sendiri banyak digunakan untuk mengawetkan makanan. Dan pada saat itu pula, garam mulai digunakan untuk bumbu daging, ikan, juga sayur-mayur. Kemudian mulai pada abad ke-19, garam mulai dimanfaatkan untuk memproses kulit, menghasilkan bahan-bahan kimia, jadi bahan campuran untuk membuat gerabah, mencelup tekstil, dan sebagainya. Sedangkan dalam dunia industri sendiri, menurut world-foodhistory.com, telah dikenal ada 14 ribu kegunaan garam.

Makanan tanpa tambahan garam tentu terasa hambar dan juga tidak enak. Fungsi garam selain mampu memperkuat rasa serta memberikan rasa nikmat pada makanan, ternyata kandungan sodium pada garam berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu memperkuat otot, serta membantu fungsi saraf. Di bawah ini adalah beberpa manfaat garam lainnya bagi kesehatan tubuh:

  1. Garam dapat membantu menghindarkan dari berbagai gangguan penyakit seperti gondok, gangguan pendengaran, tubuh cebol, dan juga  semangat rendah
  2. Garam juga mampu membantu pemeliharaan kelenjar tiroid, yang mana keelenjar tiroid sendiri sangat berperan penting dalam pengaturan metabolisme tubuh.
  3. Manfaat garam bagi tubuh sangat banyak dan salah satunya yakni mampu mencegah penyimpanan lemak secara berlebihan dalam tubuh, dimana peran  yodium mampu memanfaatkan kalori secara optimal, sehingga lemak cepat terpakai.
  4. Garam sendiri ternyata memiliki peran dalam membantu proses pertumbuhan rambut, jadi apabila kekurangan yodium maka akan meyebabkan rambut  menjadi rontok
  5. Garam juga ternyata mampu membantu menghilangkan racun dari tubuh, seperti racun dari air raksa, fluoride, dan racun biologisi lainnya.
  6. Garam mampu memaksimalkan metabolisme tubuh dalam memanfaatkan kalsium
  7. Garam ampuh meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini karena garam beryodium dapat mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam tubuh seperti halnya perut.
  8. Garam juga ampuh untuk membantu kenormalan proses pertumbuhan dan kematangan organ reproduksi sehingga sangat di anjurkan untuk ibu hamil agar janin di dalam perut dapat tumbuh dengan baik serta lahir sehat dan selamat
  9. Garam mampu mengurangi sakit gigi dan juga masalah bau mulut. Maka tidak heran jika sakit gigi di anjurkan untuk berkumur dengan menggunakn air garam. Karena berkumur dengan air garam hangat mampu mengurangi rasa berdenyut saat sakit gigi serta mampu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.
  10. Satu lagi manfaat garam yakni jika di campurkan dengan air hangat akan menghilangkan pegal di kaki, apabila dilakukan secara rutin maka kaki yang sering pegal akan pulih dan sehat kembali.

Nah, itulah beberapa manfaat garam selain dari fungsinya sebagai bumbu dapur. Dengan banyaknya manfaat dari garam tersebut bukan berarti harus mengkonsumsi garam secara berlebihan. Karena dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping yang kurang baik, jadi selalu bijaklah menggunakan garam. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda semua

Leave a Reply