free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memang diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan juga baik untuk kesehatan ibu dan juga janin yang di kandungnya. Orang tua dahulu sangat menyarankan ibu hamil untuk banyak mengkonsumsi kacang hijau. Mengapa kacang hijau sangat disarankan untuk ibu hamil? Ya, karena kandungan nutrisi pada kacang hijau sangat banyak dan beragam sehingga sangat di anjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Di bawah ini adalah kandungan vitamin yang ada pada kacang hijau :

1.    Asam Folat
Seperti kita ketahui bahwa asam folat sangat penting dikonsumsi pada trimester awal kehamilan. Dimana asam folat sendiri sangat  berguna untuk perkembangan sistem saraf pada janin. Dan tentu akan berhubungan dengan tingkat kecerdasan bayi. Selain itu Asam folat juga sangat berperan untuk mencegah terjadinya kecacatan pada bayi seperti contohnya bayi lahir dengan bibir sumbing, kelainan jantung, spina bifida, dan berbagai kecacatan lainnya. Selain pada kacang hijau Asam folat juga dapat ditemukan pada kacang kedelai, brokoli, jeruk, bayam, alpukat, dan lain sebagainya.

2.    Vitamin B1 dan B2
Kandungan Vitamin B1 dan B2 tentunya sangat bermanfaat untuk membantu penyerapan protein dalam tubuh, membantu pertumbuhan janin, membantu melancarkan pencernaan, sebagai katalis untuk perubahan karbohidrat menjadi energi, serta dapat membantu fungsi saraf. Jadi jika seseorang kekurangan vitamin B1 dan B2  dapat menyebabkan beri-beri, mudah lelah, dan terjadinya konstipasi. Dan dalam hal ini kacang hijau juga sangat berperan baik untuk mengatasi kelelahan pada ibu hamil

3.    Serat
Fungsi serat yakni untuk membantu kelancaran proses pencernaan serta memelihara kesehatan saluran cerna. Jadi apabila proses pencernaan terhambat maka akan mengakibatkan penyerapan nutrisi menjadi tidak maksimal oleh tubuh.

4.    Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks disini dicerna tubuh lebih lama sehingga energi kita akan lebih stabil bila mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang mana terdapat pada kacang hijau. Ibu hamil yang mengkonsumsi kacang hijau yang mengandung karbohidrat kompleks, maka akan merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah merasa kelelahan

5.    Lemak
Kandngan lemak pada kacang hijau sangat bermanfaat sebagai cadangan makanan pada tubuh, mampu melindungi organ tubuh dan dapat menjaga kesetabilan suhu tubuh ibu maupun bayi yang di kandungnya. Kandungan lemak pada kacang hijau sendiri berkadar rendah serta aman untuk jantung.

6.    Protein Tinggi
Protein sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan organ janin. Jadi apabila pada saat kehamilan janin kekurangan protein maka dikhawatirkan janin akan lahir cacat. Bahkan dalam sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa dengan mengonsumsi protein yang cukup saat wanita sedang hamil, maka akan meningkatkan volume rambut bayi.

7.    Kalsium dan fosfor
Kalsium pada kacang hijau baik untuk tulang dan juga berfungsi untuk petumbuhan tulang pada janin serta meningkatkan kepadatan tulang ibu. Dan fungsi utama fosfor yakni sebagai pemberi energi, dapat membantu metabolisme lemak dan karbohidrat, baik untuk kesehatan gigi dan gusi, serta sebagai sintesa DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium.

Nah itulah kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang hijau. Jadi ibu hamil jangan ragu untuk menjadikan kacang hijau masuk ke dalam menu harian merka. Selamat mencoba

Leave a Reply