free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Manfaat Makanan Pedas

Siapa suka makanan yang pedas? Wah sahabat hawa pasti suka ya dengan cita rasa pedas. Apapun makannya pasti kurang lengkap jika tidak terasa pedas di mulut. Menyantap makanan berkuah seperti baso, soto, mie atau tumisan pasti kurang lengkap tanpa tambahan sambal. Bahkan goreng – gorengan pun tidak lengkap tanpa tambahan cita rasa pedas dari cabai rawit atau cabai merah. Selain rasa pedas dapat menambah nafsu makan, ternyata cita rasa pedas mengandung banyak maanfaat bagi kesehatan tubuh manusia lho. Simak yuk manfaat dari rasa pedas si cabai merah atau si cabai rawit di bawah ini:

1. Mengobati gejala Flu

Pada tanaman Cabai mengandung capsaicin. Capsaicin sangat membantu dalam proses meningkatkan pengeluaran keringat, yang juga secara tidak langsung dapat  mempercepat pengeluaran zat-zat yang beracun lainnya dalam tubuh. Seperti contohnya jika Anda terserang gejala flu, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai maka akan membantu meringankan gejala flu Anda. Selain itu capsaicin yang terkandung dalam cabai efektif membantu membuka jalan pernafasan dan mengurangi sinusitis.

2. Jantung Menjadi Sehat.

Karena cabai mengandung capsaicin dimana berguna juga untuk  pencegahan pembekuan darah,  dan tentu hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung. Faktor penyebab risiko penyakit jantung atau biasa disebut inflamasi bisa dihindari dan dilawan dengan capsaicin tersebut

3. Mudah untuk tidur dan Nyenyak.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli di Australia, menyatakan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi makanan pedas ternyata lebih mudah untuk tidur pada waktunya dan juga akan bangun lebih pagi tentu dalam kondisi yang segar bugar.

4. Mengurangi Stres / Menjaga Mood Tetap Baik

Cabai merah ternyata dapat meningkatkan level endorfin dan serotonin yang berfungsi untuk  menghilangkan nyeri dan juga memberi perasaan nyaman. Hormon ini juga bisa berlaku seperti obat penawar stres dan juga obat depresi.

5. Melancarkan pernapasan

Disini funngsi dari makanan yang pedas adalah bertindak seperti espektoran, dimana dapat membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya. Jadi alat pernafasan akan lebih lancar dan juga bisa bernapas dengan lebih baik

6. Menurunkan berat badan

Menurut penelitian rasa pedas bisa meningkatkan metabolisme tubuh . Berdasarkan studi yang dilakukan menunjukkan bahwa senyawa utama dalam cabai yaitu capsaicin memiliki efek termogenik, dimana dapat membuat tubuh membakar kalori saat mengunyah selama 20 menit.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan Vitamin A dan C dipercaya mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari cabe atau makanan pedas dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan kombinasi ini maka bisa menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat pada tubuh.

8. Anti Kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh bisa dihambat / dimatikan dengan zat capsaicin dari cabai dan juga tidak akan mengganggu sel-sel sehat lain yang ada pada tubuh. Jadi apabila kita secara rutin dan teratur menkonsumsi makanan pedas maka akan menjadi zat anti kanker untuk tubuh kita.

9. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat cabai diyakini bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga tubuh pun akan cepat mengganti sel-selnya yang rusak.

Itulah manfaat yang positif jika mengkonsumsi makanan pedas, tapi hal terpenting yang harus di ingat adalah  tetap di konsumsi secara wajar atau sesuai takarannya. Jangan sampai terlalu banyak cabai sehingga malah akan menimbulkan banyak penyakit.

Leave a Reply