free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Manfaat Pelukan Ibu

Tentu banyak hal yang mampu mempengaruhi kecerdasan seorang anak. Dan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kecerdasan seorang anak yakni pelukan dari seorang ibu. Mengapa pelukan dari seorang ibu? Hal tersebut tentu saja di dukung dari berbagai hal seperti yang juga diungkapkan oleh ilmuwan dari University of Monreal di Kanada. Menurut para ahli tersebut seperti yang dilansir oleh netdoctor.co.uk, pelukan yang penuh kasih sayang dari seorang ibu tersebut sangat berkaitan erat dengan kecerdasan seorang anak. Hal ini karena, pelukan penuh kasih sayang tersebut akan mampu meningkatkan produksi hormon oxytocin.

Hormon oxytocin adalah hormon yang memberikan banyak manfaat kepada anak. Dan salah satu manfaatnya yakni kemampuan belajar anak. Dimana dengan banyaknya produksi hormon oxytocin ini, akan membuat anak mampu menyerap pelajaran dengan lebih cepat.

Manfaat hormon oxytocin  lainnya yakni berkaitan erat dengan kecerdasan emosional, selain itu dengan pelukan penuh kasih sayang dari seorang ibu akan membuat anak merasa aman, tenang dan nyaman. Manfaat lain pelukan ibu tentu sangat banyak, seperti di bawah ini :

1.    Pelukan Mampu Mengubah Perilaku Anak.
Anda sendiri pun dapat membuktikan keampuhan dari pelukan seorang ibu yakni  ketika bayi Anda baru lahir, kemudian ketika ia menangis menjerit-jerit, padahal tidak ada sesuatu hal yang tidak membuatnya nyaman seperti telah minum ASI dan diapersnya  juga kering. Maka ketika seorang ibu memeluknya lalu dengan menepuk-nepuk pundak atau punggungnya. Maka pelukan seorang ibu akan meredakan tangisnya. Baik menangis karena kekagetan atau rasa sakit yang dirasakannya.

2.    Pelukan Merupakan Obat yang Mujarab.
Dalam hal ini pelukan dapat mengurangi depresi dan juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan pelukan selain bisa memberi energi baru pada tubuh yang lelah juga akan mempererat hubungan batin keduanya. Saat seorang ibu memeluk anaknya maka akan meningkatkan hemoglobin atau sel darah merah dalam darah. Hemoglobin sendiri adalah darah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke jantung dan otak. Maka dengan peningkatkan jumlah hemoglobin ini mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit. Untuk itu, peluklah si kecil sebelum Anda berangkat kerja, fungsi pelukan ini bagi ibu yakni akan membuat ibu fokus pada pekerjaan, bahagia, dan juga menjadi produktif.

3.    Lakukan Pelukan Yang Hangat dan Tepat
Bunda, saat memeluk si kecil sebaiknya singkirkan terlebih dahulu hal-hal yang mengggangu pikiran seperti halnya urusan pekerjaan, urusan rumah tangga, atau pikiran yang mengganggu Anda. Dengan memeluk penuh cinta dan kehangatan akan lebih dirasakan oleh si kecil. Selain itu sebaiknya bebaskan juga tangan Anda dari semua benda yang selama ini paling sering ada di tangan seperti telepon genggam, koran, tas tangan, kunci atau majalah. Dengan keadaan yang leluasa maka tangan Anda tercurah untuk memeluknya dan jari-jari Anda bisa membelai si kecil dengan lebih leluasa. Manfaat pelukan lainnya yakni dapt merangsang perkembangan sel otak, mampu mengurangi stress, ampuh merangsang rasa kantuk, dapat membangun konsep diri  yang positif, ampuh untuk mengurangi emosi negatif seperti kesepian, cemas dan frustasi serta rasa takut.

Nah, bunda pelukan merupakan suatu hal wajib yang di butuhkan oleh si kecil, jadi jangan ragu untuk sesering mungkin memeluk si kecil di setiap waktu.

Leave a Reply