free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Menangis Ternyata Banyak Manfaatnya

Menangis merupakan ungkapan dan curahan dari hati seseorang, saat Anda meneteskan air mata atau menangis bukan sebagai tanda bahwa Anda orang yang lemah. Pada kenyataannya, mereka yang menangis adalah orang-orang yang sehat secara emosional. Hal ini dapat dibuktikan karena mereka berterus terang mengekspresikan apa yang dirasakan. Justru apabila Anda selalu menahan emosi salah satunya dengan selalu menahan tangisan bisa meningkatkan stres. Apabila Anda tidak terus terang dalam mengungkapkan perasaan secara otomatis tubuh akan meresponsnya dengan hal-hal lain, seperti contohnya sakit kepala dan tekanan darah tinggi. Ada beberapa hal yang membuat seseorang menagis seperti :

·    Menangis kerana cinta
·    Menangis kerana rasa takut
·    Menangis kerana kasih sayang dan kelembutan hati.
·    Menangis kerana menghadapi penderitaan
·    Menangis kerana terasa hina dan lemah
·    Menangis untuk mendapat belas kasihan orang
·    Menangis kerana gembira
·    Menangis kerana terlalu sedih

Tuhan telah menganugerahkan kepada kita dua biji mata untuk menikmati keindahan ciptaan-Nya dan melihat semua kebaikan yang telah diberikan. Selain itu fungsi mata juga adalah untuk mengungkapkan ekspresi emosional yang sedang di alami seperti halnya menangis, selain akan menjadikan Anda lebih kuat secara emosional ternyata menangis juga memberikan beberapa manfaat serta keuntungan seperti dibawah ini :

1. Dapat meluluhkan hati pasangan

Hati siapa yang tidak luluh apabila melihat orang yang dicintai menangis, siapapun akan berusaha untuk segera menghentikan kesedihannya itu termasuk pasangan kita. Menangis merupakan salah satu senjata yang sangat efektif untuk mengambil hati pasangan Anda. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan perhatian atau simpati dari pasangan.

2. Mengekspresikan cinta

Dengan menangis ditandai sebagai ungkapan kasih sayang yang kuat. Biasanya  hal ini terjadi apabila  Anda atau pasangan tak lagi dapat ungkapkan kata-kata.

3. Baik untuk kesehatan

Saat Anda menangis, air mata yang dikeluarkan mengandung enzim alami yang bersifat anti bakteri. Enzim tersebut yaitu Enzim lisozim yang terdapat pada air mata yang ternyata dapat membunuh bakteri yang bersarang pada mata.

4. Menjaga tetap relaks

Apabila terus menerus berpikiran negatif  dan selalu mengkhawatirkan tentang semua masalah tanpa ada akhirnya, hanya akan membuat tubuh jadi tidak relaks. Salah satu solusi apabila Anda sudah tidak tahan dengan semua masalah cobalah untuk tidak menahan rasa ingin menangis, sehingga emosi pun dapat keluar dari dalam tubuh. Dengan cara ini bisa membebaskan Anda dari stres dan memberikan pikiran yang lebih nyaman dan tenang.

5. Meningkatkan mood

Saat menangis, air mata yang dihasilkan kerana emosi mengandungi 24 peratus protein albumin yang berguna dalam meregulasi-kan sistem metabolisme tubuh jika dibandingkan dengan air mata yang dihasilkan daripada iritasi mata. Setelah Anda merasa cukup mengeluarkan luapan emosi dengan menangis secara otomatis mood anda akan mengingkan ke arah yang lebih baik dan tidak seburuk jika Anda menanhan tangisan.

6. Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia yaitu William Frey, telah melakukan beberapa kajian tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosi ternyata mengandung racun. Dengan keluarnya air mata yang beracun itu sebagai tanda  bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui mata.

Menangislah saat Anda memang ingin menagis karena dengan menangis dapat mengurangi beban yang Anda rasakan. Jangan malu atau takut untuk mengungkapkan luapan emosi yang Anda alami, cobalah untuk jujur pada perasaan Anda dan jangan tutupi apa yang terjadi pada diri Anda.

Leave a Reply