free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Mengatasi Biang Keringat Pada Anak

Seorang anak biasanya apabila melakukan banyak aktifitas lebih sering berkeringat, dan hal inilah yang menjadi cikal bakal munculnya biang keringat, yang tentu sangat mengganggu kenyamanan anak Anda. Biang keringat merupakan suatu ruam kulit yang menyebabkan gatal-gatal. Hal ini biasanya dipicu karena adanya penyumbatan pori-pori yang berasal dari kelenjar keringat, misalnya saat cuaca panas atau karena anak bermain sehingga tubuhnya mengeluarkan keringat, tetapi karena keringat yang dikeluarkan tidak dapat keluar semua dikarenakan adanya penyumbatan tadi. Sehingga keringat akan tertahan di dalam kulit dan terbentuk suatu benjolan kecil berwarna merah yang yang disebut dengan peradangan, ketika sudah meradang biasanya akan terasa gatal. Dan inilah yang disebut biang keringat.

Menurut Dr. Benyamin Wedro, salah seorang pakar dermatologi dari Medicinenet, mengungkapkan bahwa biang keringat bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti adanya lipatan kulit yang membuat keringat tidak bisa keluar, memakai baju yang terlalu ketat dan tebal, adanya efek samping  penggunaan krim, sabun atau bedak yang tidak cocok dengan kulit. Dan penyakit inilah yang paling sering ditemukan pada anak-anak, tetapi juga tidak menutup kemungkinan ini bisa terjadi pada orang dewasa.

Apabila si kecil rewel dan terus-menerus menangis sebaiknya cepat periksa bagian dahi, leher dan tubuh yang selalu tertutup pakaian. Mungkin saja ada bintil-bintil kecil berwarna merah yang kadang berisi air, dan ini adalah salah satu tanda si kecil sedang terkena biang keringat. Untuk mengatasinya dan mencegah kembali munculnya biang keringat pada tubuh si kecil, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

1. Berikan Baju yang Menyerap Keringat Pada Si Kecil

Sebaiknya selalu gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal karena si kecil bisa kepanasan. Gunakan juga baju yang longgar dengan pakaian berbahan katun, hal ini karena dapat mudah menyerap keringat. Selain itu jangan memberinya pakaian yang ketat atau terlalu rapat. Berilah kelonggaran pada tubuh dan usahakan udara bisa bebas melewati sela-sela baju.

2. Selalu Jaga Kebersihan Badan, Pakaian, dan Lingkungan Sekitar Bayi

Selalu biasakan memandikan bayi dan Anak Anda dengan rutin minimal dua kali dalam sehari. Apabila udara panas dan lembab sehingga membuat buah hati banyak berkeringat, maka sering-seringlah mengelap tubuhnya agar tubuhnya tidak basah dengan keringat yang bisa menjadi pencetus si kecil terkena biang keringat. Selalu mengganti baju anak Anda dengan rutin jika dirasa sudah berkeringat dan jika telah kotor dan basah segera cuci bajunya hingga bersih dan seterikalah supaya kuman-kumannya dapat hilang dan mati.

3. Gunakan Obat Gatal yang Aman

Jika si kecil terkena biang keringat dan merasakan gatal-gatal sebaiknya berikan obat gatal yang aman dan direkomendasikan untuk bayi,  hal ini tentunya bisa ditanyakan langsung  kepada dokter atau apoteker. Obat gatal untuk mengatasi biang keringat ini bisa berupa bedak tabur ataupun bedak cair yang biasanya mengandung salisil.

4. Gunakan Resep Tradisional

Untuk menghilangkan biang keringat secara alami dan tidak memberikan efek samping kepada bayi  sebaiknya gunakan tepung kanji sebagai bahan alami dan cara tradisional yang telah terbukti berkhasiat. Caranya cukup dengan menggunakan tepung ini setelah mandi, sama seperti saat Anda menaburkan bedak wangi pada si kecil.

Nah itulah beberapa tips untuk menhindarkan biang keringat pada bayi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply