free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Mengatasi Nyeri Pada Saat Haid

Munculnya rasa kurang nyaman pada saat haid atau menstruasai adalah hal yang pasti pernah dirasakan oleh semua kaum perempuan, tetapi apabila haid tersebut menimbulkan nyeri hebat sampai mengganggu aktifitas normal seorang perempuan maka masalah kesehatan ini dapat dikategorikan sebagai dismenorea atau nyeri haid. Dismenorea itu sendiri adalah keluhan paling sering pada kaum perempuan, dan apabila hal ini terjadi sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter

Dismenorea atau nyeri haid dibagi atas dua jenis :

1. Dismenorea primer adalah dimana tidak ditemukan kelainan pada organ genitalia wanita.
2. Dismenorea sekunder adalah dimana terjadi akibat adanya kelainan pada organ genitalia wanita.

Pada dismenorea primer adalah nyeri haid yang tidak disertai kelainan pada alat genital yang nyata yang biasanya terjadi 1 sampai 2 tahun setelah haid pertama, selain itu intensitas rasa sakit mula-mula makin hebat kemudian secara beransur akan berkurang.

Biasanya nyeri seperti ini berkaitan dengan pematangan telur pada masa ovulasi dan diduga akibat adanya kontraksi otot dan pembuluh rahim yang dipicu pelepasan mediator yang disebut prostaglandin. Selain itu bisa juga dikarenakan faktor kejiwaan khususnya pada anak gadis remaja yang emosional dan kurang dapat bimbingan dan perhatian orang tua akan lebih berpotensi menderita dismenorea primer ini. Gejala dismenorea primer biasanya akan ditandai dengan sakit seperti kramp yang hilang timbul diperut bagian tengah bawah dan kadang-kadang juga menyebar ke bagian paha dan pinggang, bisa disertai mual, muntah, mencret, sakit kepala, muka merah dan akan berlangsung 1 sampai 2 hari.

Pada dismenorea sekunder nyeri haid yang ditimbulkan biasanya terjadi setelah menarche atau haid pertama, terutama pada wanita dengan usia 30- 40 tahun. Nyeri haid tipe ini penyebabnya adalah adanya kelainan organ genitalia seperti endometriosis, infeksi (PID), tumor (myoma uteri) dan penyempitan saluran leher rahim. Untuk itulah sebaiknya dilakukan tindakan pengobatan oleh dokter dimana disesuaikan dengan penyebabnya seperti dengan terapi hormonal, antibiotik, dilatasi saluran leher rahim dan tindakan operasi lainnya sesuai kondisi kasus.

Cara alami untuk mengatasi nyeri haid adalah dengan menggunakan bahan alami yang tidak memiliki efek samping, seperti menggunakan bahan alami berikut ini :

1.    Jus Nanas
Buah nanas mengandung banyak kandungan bromelain, dimana sangat berguna untuk membantu meredakan kram dan nyeri otot pada saat menstruasi. Selain itu dengan mengkonsumsi jus nanas selama masa haid dapat membantu anda meringankan nyeri haid yang tentu sangat mengganggu.

2.    Jus Lidah Buaya
Kandungan pada lidah buaya memiliki sifat alami sebagai pereda dan penghilang rasa sakit. Untuk itu disarankan untuk mengkok untnsumsi jus lidah buaya mengatasi masalah sakit yang terjadi saat datang bulan, setidaknya anda hanya perlu mengkonsumsi jus lidah buaya 3 kali sehari.

3.    Kompres Bagian Perut
Cara yang paling mudah untuk meringankan rasa sakit saat haid adalah dengan menggunakan air hangat. Pertama-tama basahi kain dengan air hangat lalu letakkan di bagian perut atau bagian yang sakit. Lalu tunggu lima menit lalu basahi kembali dengan air hangat. Sebaiknya lakukan hal ini berulang-ulang sampai sakit mereda

4.    Air Jahe
Tanaman jahe memang dikenal memiliki banyak khasiat yang bisa kita manfaatkan, salah satunya adalah dapat meringankan sakit saat datang bulan. Anda dapat minum ramuan jahe sebanyak 3 kali dalam sehari sampai rasa nyeri haid benar-benar menghilang. Minuman jahe ini akan bekerja dengan cara meredakan kram yang terjadi pada otot sehingga rasa sakit pun akan berkurang

Nah itulah bebrapa penjelasn tentang nyeri haid dan bagaimana cara mengatasinya, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat hawa.

Leave a Reply