free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan

Saat sedang dalam masa kehamilan, sakit punggung adalah hal yang wajar terjadi pada setiap  ibu hamil. Hal ini dikarenakan seiring dengan bertambahnya umur kehamilan maka akan mengalami kenaikan berat badan dan juga meningkatnya hormon tubuh, sehingga menyebabkan mengendurkan otot-otot serta ligamen di seluruh bagian tubuh. Tetapi jangan terlalu khawatir karena pada umumnya, sakit punggung selama dalam masa kehamilan bisa dicegah dan diobati. Agar terhindar dari sakit punggung selama masa kehamilan ikuti tips dibawah ini:

1. Tidur dengan Posisi Menyamping
Saar perut Anda membesar sebaiknya hindari tidur terlentang, dan biasakan tidur menyamping. Hal ini tentu saja dapat meringankan beban punggung Anda. Pastikan juga salah satu atau kedua lutut tertekuk. Dengan menempatkan satu satu bantal diantara lutut atau di bawah perut dapat membantu posisi tidur Anda lebih nyaman. Dengan posisi seperti ini akan membantu menghindarkan Anda dari sakit punggung

2. Berlatih sikap tubuh yang baik
Karena si jabang bayi di dalam kandungan terus berkembang setiap harinya, maka gravitasi tubuh akan berpindah ke depan. Untuk mencegah jatuh karena beban tersebut, sebaiknya bisa mencari sandaran untuk punggung Anda. Saat sedang berdiri, buatlah posisi berdiri yang senyaman mungkin. Begitu pula sikap tubuh saat duduk, pilihlah kursi yang dapat menyokong punggung dan tempatkan sebuah bantal kecil di belakang punggung bawah Anda. Selain itu jaga punggung atas dan leher Anda agar selalu dalam kondisi lurus dan nyaman.

3. Pakailah Pakaian yang Tepat
Selalu pakai baju hamil yang nyaman dan dapat menyerap keringat, selain itu gunakan sepatu dengan hak yang rendah yang didukung dengan lengkungan yang baik, agar resiko terjatuh semakin kecil. Gunakan juga celana khusus dengan ikat pinggang yang rendah dan nyaman.

4. Mengangkat Benda dengan Posisi yang Benar
Ketika perut Anda dalam keadaan sudah membesar maka ketika akan mengangkat benda yang kecil di lantai, maka berjongkoklah lalu angkat menggunakan kaki Anda. Jangan pernah menekuknya di bagian pinggang atau angkat dengan punggung Anda. Sebaiknya Anda tahu batas kesanggupan Anda. Jika Anda rasa tidak sanggup, Anda bisa meminta bantuan pada orang lain.

5. Pijat Punggung
Memijat punggung agar tidak terlalu kaku mungkin bisa dilakukan, tapi perlu di ingat hanya pijat yang lembut untuk mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang, selain itu gunakan bantalan panas untuk memberikan kehangatan pada bagian punggung.

6. Lakukan Terapi
Berdasarkan hasil dari beberapa riset, disarankan kepada ibu hamil untuk melakukan akupuntur agar dapat membantu menghilangkan rasa sakit punggung selama masa kehamilan. Selain itu pengobatan chicopractic juga dapat menyediakan kenyamanan bagi beberapa wanita. Sebelum Anda memilih terapi lain ketika sakit punggung, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena bisa saja sakit punggung yang anda derita bisa saja disebabkan oleh faktor lain.

7. Hubungi Dokter
Sebaiknya Anda mengetahui kapan waktu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda, dengan berkonsultasi dengan dokter, saat sakit punggung Anda tidak berkurang setelah mencoba cara-cara di atas. Maka dokter tentu akan tahu penyebabnya dan tentu mempunyai solusi terbaik untuk Anda dan bayi Anda

Sebaiknya apabila saat kehamilan sakit punggung Anda semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter, jangan abaikan sakit punggung selama kehamilan walaupun biasa terjadi pada ibu hamil. Semoga tips di atas bermanfaat

Leave a Reply