free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Bunda pasti sangat panik dan bingung jika menghadapi si kecil yang sembelit. Sembelit sendiri merupakan salah satu jenis gangguan pencernaan, dimana akan menyebabkan rasa sakit yang melilit juga membuat si penderita merasa tidak nyaman di bagian perut. Sembelit sendiri memang tidak hanya terjadi pada orang dewasa, balita atau bayi pun dapat mengalaminya.

Dalam mengatasi bayi yang terkena masalah sembelit tentu sebagai orang tua akan khawatir dengan keadaan ini. Gejala sembelit yang biasanya muncul pada bayi yakni si bayi lebih sering menangis serta tentunya akan jarang buang air besar. Dalam kondisi seperti ini tentu si kecil merasa tidak nyaman sehingga menjadi sangat rewel.

Lalu bagaimana cara mengatasi sembelit pada bayi? Simak cara mengatasinya seperti yang dikutip dari HealthDetik berikut ini :

1.    Konsumsi Obat Pencahar yang Alami
Bunda jangan panik dulu menghadapi masalah sembelit si kecil, untuk mengatasinya Anda tidak usah terburu-buru mencari-cari obat atau pergi ke dokter untuk mengatasi sembelit pada bayi. Obat pencahar tentunya bisa Anda buat sendiri. Selain obatnya sehat juga sangat alami, caranya pun mudah hanya dengan merendam buah plum dalam air panas kemudian biarkan semalaman. Bunda, jika sulit untuk menemukan buah plum, maka anda bisa juga memakai buah apel, pir, apel, buah persik, kacang polong atau bayam yang dicincang. Setelah direndam semalaman maka minumkan satu sendok air ramuan tersebut kepada bayi Anda. Dengan senyawa yang terdapat dalam larutan tersebut dipercaya dapat mengencerkan tinja.

2.    Pijat Perut Bayi
Selain mengkonsumsi obat pencahar alami Anda juga bisa mengatasi sembelit si kecil dengan cara memijatnya. Caranya pijatlah perut si kecil searah dengan putaran jarum jam. Kemudian pijat secara perlahan dan rileks. Setelah itu mandikan si kecil dengan air hangat. Dengan menggunakan cara ini di percaya bisa membuat bayi merasa rileks dan penggunaan air hangat setelahnya dapat melancarkan pencernaannya

3.    Berikan Asupan ASI yang Cukup pada Bayi
Air susu ibu sendiri merupakan nutrisi alami yang tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bagi bayi. Begitu juga dengan masalah sembelit. Untuk itu sebaiknya, si ibu harus lebih memperhatikan asupan makanan yang dimakan untuk tetap menjaga kualitas ASI. Selain itu perbanyak juga minur air dan konsumsi buah serta sayuran.

4.    Hindari Makanan Tertentu
Sebenarnya beberapa jenis makanan tertentu dapat menyebabkan sembelit. Hal ini tentu saja dikarenakan pencernaan bayi yang masih belum optimal dalam proses mencerna makanan. Jenis makanan seperti pisang yang masih mentah atau telur bisa juga menjadi pemicu terjadinya sembelit pada bayi.

5.    Lakukan Latihan Ringan pada Bayi
Selain ke empat cara di atas, untuk mengatasi sembelit si kecil bisa juga dengan melakukan latihan ringan pada bayi yaitu dengan cara membaringkan si kecil kemudian biarkan kakinya menendang-nendang seperti sedang bersepeda. Dengan cara ini tentunya sangat bermanfaat untuk melonggarkan gesekan pada saluran usus dan mengurangi gas dalam perut.

Nah, bunda semoga informasi ini dapat menjadi solusi untuk menyembuhkan si kecil yang sembelit.

Leave a Reply