free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Mengatur Berat Badan Selama Kehamilan

Selama masa kehamilan bobot atau berat badan seorang wanita akan berubah, hal ini tentu dikarenakan banyak hal dan salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan terutama untuk mencukupi nutrisi dan gizi si janin di dalam perut. Sebenarnya seorang wanita yang sedang hamil bukan disarankan untuk terus menambah berat badannya melainkann mampu mengatur pola makan yang baik. Bagaimana pola makan yang baik ibu hamil? Buanglah fikiran salah Anda dimana Anda makan banyak untuk dua porsi, yakni untuk Anda dan janin Anda. Sebenarnya yang perlu di perhatikan yakni memenuhi nutrisi dan gizi yang seimbang. Seorang wanita hamil yang dapat mengatur pola makan yang baik, maka akan dapat menjalani masa kehamilannya dengan baik dan sehat.

Ketika seorang wanita menjalani kehamilan maka kenaikan berat badan total yang wanita tersebut akan alami normalnya berkisar antara 12 sampai dengan 15 kg, dan saat memasuki trimester ke 2 maka janin akan tumbuh lebih pesat dengan pertumbuhan kurang lebih 10 gr per hari (minggu ke 16 sekitar 90 gr, minggu ke 20 sekitar 256 gr, minggu ke 24 sekitar 680 gr, minggu ke 27 sekitar 900 gr).

Bunda, berat badan  ideal seorang wanita untuk dapat hamil adalah berkisar antara 45 sampai dengan 65 kg. Sedangkan untuk berat badan yang kurang atau underweight atau juga mungkin berlebih atau overweight, maka akan berisiko kurang baik kepada ibu maupun janin yang sedang di kandung. Seorang wanita hamil yang Overweight sangat beresiko untuk kesehatan dirinya dan juga janin yang dikandungnya, baik saat proses kehamilan, persalinan dan pasca persalinan. Selain itu sangat rentan berisiko mengalami hipertensi dan juga terkena diabetes.

Untuk ibu hamil dengan berat badan normal, obese kenaikan yang dianjurkan adalah lebih kecil yakni dimana masing-masing 0,4 dan 0,3 kg setiap minggu. Maka, untuk ibu hamil yang overweight  diharapkan dapat menjaga pola makan dengan gizi cukup dan seimbang, selain itu jauhi makanan makanan yang manis-manis, berlemak, goreng-gorengan, dan juga makanan tinggi kolesterol. Lalu bagaimana cara mengatur berat badan selama dalam masa kehamilan? Berikut penjelasannya di bawah ini :

1.    Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
Ibu hamil  lebih banyak membuthkan protein, vitamin, mineral dan juga kalori. Untuk itu jauhi juga makanan yang kurang sehat seperti sushi, keju lunak, susu yang tidak di-pasteurisasi dan ikan mentah. Akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat seperti susu rendah lemak, jus buah, atau air dengan perasan lemon

2.    Gunakan Catatan Harian Ibu Hamil
Dengan menggunakan catatan harian ibu hamil yang di berikan dokter kandungan Anda dapat membantu Anda untuk memilah dan memilih makanan apa saja yang baik untuk di konsumsi dan juga yang dilarang atau di kurangi konsumsinya, seperti makanan untuk menurangi risiko masalah kehamilan seperti diabetes gestational dan juga preeklampsia.

3.    Bantuan Ahli Nutrisi
Jika Anda memang ingin benar-benar menjaga berat badan Anda selama masa kehamilan, jika memang diperlukan tidak ada salahnya jika meminta bantuan seorang ahli nutrisi untuk membuat daftar makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi nutrisi untuk untuk mencapai berat badan yang sehat dan ideal.

4.    Rajin Berolahraga
Untuk menghindari berat badan yang berlebih selama masa kehamilan, maka wanita yang sedang hamil pun di anjurkan untuk rutin berolahraga.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatur berat badan selama dalam amsa kehamilan, perlu diketahui juga bahwa ibu hamil hanya perlu sekitar 300 kalori ekstra per hari dan jumlah tersebut lebih sedikit selama trimester pertama.

Leave a Reply