free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dapur

Rahasia kebahagiaan sebuah keluarga salah satunya dapat terwujud dari dapur Anda. Setiap  makanan yang lezat, sehat dan bergizi tersaji untuk seluruh anggota keluarga, Dapur pun ternyata dapat menentukan keharmonisan sebuah keluarga. Dan sebagian masalah yang sering menjadi kendala adalah kurang sedapnya aroma di daerah dapur. Hal ini dikarenankan banyak faktor seperti berasal dari bau sampah, karena sebagian besar menempatkan tempat sampah di bagian dapur atau juga dikarenakan bau bahan-bahan masakan yang tercampur menjadi satu dimana dapur dalam keadaan yang lembab. Jangan terburu-buru untuk menggunakan pengharum ruangan kimiawi, coba dahulu dengan menggunakna cara alami seperti di bawah ini:

– Simpan kulit citrus atau kulit jeruk lain seperti jeruk sitrun, jeruk limau dan sebagainya di dapur. Selain itu juga dapat dilakukan dengan cara merebus kulit jeruk tersebut, air  rebusan kulit jeruk tersebut dapat menghasilkan bau yang segar di dapur atau tuangkan juga air rebusan jeruk tersebut ke tempat pembuangan sampah untuk menghilangkan bau.

– Simpan tanaman bunga atau herbal dalam pot favorit Anda di bagian dapur karena bunga atau tanaman dipercaya bisa mengurangi polusi udara dan membantu sirkulasi udara bersih.

– Gunakan semangkuk cuka yang disimpan di pojok ruangan dapur karena cuka dapat menyerap bau yang tidak di inginkan.

– Letakkan potongan kayu cedar di bungkus amplas di bawah lemari dapur anda. Anda bisa mengganti bungkus amplas setahun sekali.

– Gunakan lilin alami yang terbuat dari kedelai atau biasa di sebut soy candles daripada menggunakan lilin biasa yang dapat memicu kanker.

– Bersihkan minyak dan sisa makanan bekas memasak yang menempel di kompor atau oven di dapur Anda karena itu bisa jadi merupakan sumber bau di dapur. Caranya bersihkan bagian atas kompor dengan campuran cuka dan air setiap selesai memasak. Lalu angkat kerangka kompor dan singkirkan kerak-kerak serta minyak yang menempel. Dan kemudian gosok seluruh bagian kompor dengan cairan pembersih.

– Teteskan air perasan jeruk dan beberapa butir cengkeh ke dalam air satu gelas air. Lalu rebus selama kurang lebih 20 menit atau sampai bau tak sedapnya hilang.

Bersihkan kulkas secara rutin karena beragam bahan makanan di kulkas bisa menimbulkan bau kurang sedap pada dapur Anda. Jadi usahakan bersihkanlah kulkas secara rutin, minimal satu minggu sekali. Juga bisa dengan menggunakan campuran satu baskom air dan tiga sendok makan baking soda kemudian tempatkan dalam botol spray. Dengan campuran ini akan berfungsi sebagai pembersih alami yang lebih aman dibandingkan dengan deterjen.

– Cara lain adalah dengan menguapkan serbuk kayu manis dalam kompor.

Itulah beberapa cara atau tips agar bau tidak sedap di dapur anda hilang, digantikan dengan bau wangi yang enak dicium oleh seluruh anggota keluarga. Dan yang pang penting adalah selalu jaga kebersihan dapur. Apabila dapur bersih, sehat dan rapi maka dijamin seluruh anggota keluarga akan merasa nyaman berada d rumah dan anda pun akan dapat berkonsentrasi guna menyajikan masakan ataupun hidangan yang lezat dan berkualitas.

Leave a Reply