free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Mengurangi Bau Mulut Saat Berpuasa

Bau mulut sendiri dalam bahasa kedokteran disebut dengan halitosis. Bau mulut terjadi karena  adanya saluran pencernaan dan rongga mulut  yang kering dikarenakan adanya aktivitas mengunyah makanan yang terhenti saat puasa. Maka sebagai akibatnya, produksi air liur pun menurun.

Ada dua penyebab bau mulut itu sendiri , yaitu penyebab lokal dan sistemik. Bau mulut lokal sangat  berkaitan dengan rongga mulut itu sendiri, seperti halnya gigi berlubang, adanya infeksi gusi, dan adanya karang gigi. Sedangkan penyebab sistemik contohnya dikarenakan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan.

Saat berpuasa, mulut menjadi kering, dan mulut yang kering itulah yang menyebabkan bakteri anaerob. Kemudian bakteri tersebut membuat bau mulut berkembang sangat pesat, sehingga saat bulan ramadhan orang yang berpuasa mengalami bau mulut.

Sebagai umat Islam yang di wajibkan berpuasa selama bulan Ramadhan, dimana di awali saat selesai waktu sahur sampai dengan adzan magrib selama kurang lebih 14 jam menahan lapar, haus dan juga nafsu merupakan salah satu bentuk ketakwaan kita terhadap Tuhan yang Maha Esa. Akan tetapi tidak bisa di pungkiri dengan berpuasa kadang dihantui rasa kurang percaya diri dengan bau mulut. Nah, bagaimana cara mengurangi bau mulut saat berpuasa? Simak selengkapnya di bawag ini :

1.    Perbanyak Minum Air Putih
Salah satu penyebab bau mulut yakni keadaan mulut yang kering selama menjalani ibadah puasa, untuk itulah maka disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup saat berbuka maupun saat bersahur. Selain itu perbanyak juga minum air putih selepas shalat taraweh.

2.    Menggosok Gigi dan Lidah
Saat berpuasa sebaiknya setelah sahur gosok gigi dan lidah secara menyeluruh. Tentu saja dengan tujuan agar mengurangi bau mulut selama sehari penuh, seperti kita tahu bahwa penyebab bau mulut adalah bakteri dan  juga sisa makanan yang membusuk. Untuk itu diperlukan perawatan dengan cara menggosok gigi dan lidah dengan benar. Selain itu bisa juga dengan menggunakan dental floss, diman mampu menjangkau sisa makanan yang terselip diantara gigi.

3.    Konsumsi Teh Hijau Tanpa Gula
Teh hijau sendiri memilki kandungan zat polyphenol yang sangat berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Tapi sebaiknya konsumsi teh hijau tanpa tambahan gula

4.    Hindari Makanan dan Minuman Manis
Makanan dan juga minuman manis tentu sangat nikmat dinikmati saat berbuka, akan tetapi perlu di ingat bahwa makanan dan juga minuman yang manis-manis sangat berpotensi untuk membuat gigi anda menjadi nyeri dan berlubang, jika sudah berlubang dan bermasalah, alhasil maka akan timbul bau mulut.

5.    Hindari Cokelat.
Cokelat merupakan salah satu makanan yang bersifat diuretik yakni merangsang pengeluaran urin. Dengan banyaknya cairan yang keluar saat puasa dan tanpa adanya masukan cairan lagi ke dalam tubuh maka mulut akan cepat mengalami kekeringan dan sangat berpotensi menimbulkan bau mulut yang berlebih

Itulah cara mengurangi bau mulut selama berpuasa. Semoga dengan tips ini akan membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri selama menjalani ibadah puasa.

Leave a Reply