free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Menjaga Kesehatan Gigi Saat Sedang Hamil

Apakah Anda tahu mengapa kesehatan gigi merupakan suatu hal yang penting dalam kehamilan? Ya, saat seorang wanita sedang hamil maka hormon-hormon yang berkembang selama masa kehamilan akan mempengaruhi kondisi gigi dan juga mulut ibu hamil. Maka dari itu ibu hamil jangan menyepelekan  kesehatan gigi dan harus melakukan perawatan ekstra agar kesehatan gigi dan mulut dapat terjaga. Maka dengan gigi dan mulut yang sehat,   kesehatan ibu hamil dan juga tumbuh kembang janin tidak terganggu.

Agar dapat tetap menjaga kesehatan ibu dan juga janin, maka kesehatan gigi dan mulut harus terjaga kebersihannya. Salah satu alasannya adalah karena kesehatan gigi dan mulut akan sangat dibutuhkan agar dapat memebntu penyerapan gizi dan nutrisi ibu hamil dapat berlangsung dengan baik. Sehingga diharapkan dengan proses penyerapan nutrisi yang maksimal pada ibu maka tumbuh kembang janin juga bisa maksimal.

Alasan lainnya yakni saat tubuh ibu hamil mengalami perubahan yang mana termasuk juga perubahan hormon dalam tubuh maka pada saat aktifnya hormon kehamilan tersebut, ternyata memberikan perubahan pada kondisi gigi dan mulut ibu. Seperti contohnya produksi liur yang meningkat, ibu hamil menjadi sering muntah, adanya jaringan gusi yang melunak sehingga sering kali terjadi bengkak dan terjadi pendarahan. Dan dengan tersebut selama masa kehamilan berlangsung, maka akan menyebabkan gigi akan cepat rusak dan kesehatan mulut lebih mudah terganggu.

Tentu saja jika masalah gigi dan mulut sudah terganggu maka akan banyak resiko yang dihadapi salah satunya yakni  seperti aktivitasnya yang terganggu karena rasa sakit, kualitas istirahat menjadi berkurang, infeksi kuman dan bakteri dan risiko yang paling besar yakni keguguran.

Di bawah ini adalah tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi wanita hamil, simak selengkapnya berikut ini :

  1. Selalu teratur menyikat gigi. Seperti contohnya selalu menyikat gigi minimal setelah makan dan saat menjelang tidur.
  2. Gunakan sikat gigi yang lembut hal ini dikarenakan pada masa kehamilan jaringan gusi ibu hamil akan melunak. Jadi, agar tidak terjadi bengkak dan pendarahan sebaiknya pilih sikat gigi yang berbahan lembut.
  3. Gunakan pasta gigi yang cocok karena ada beberapa jenis pasta gigi yang dapat menyebabkan alergi pada ibu hamil. Untuk itu pilih pasta gigi yang sesuai contohnya pasta gigi yang diciptakan khusus untuk gusi yang sensitif.
  4. Selalu sikat gigi dengan benar. Caranya dengan melakukan gerakan menyikat gigi sesuai dengan anjuran dokter gigi. Yakni dengan membersihkan gigi dengan cermat hingga ke sela-sela gigi.
  5. Rajinlah berkumur setelah ibu hamil muntah atau meludah. Hal ini untuk mengeluarkan kelebihan air liur, dan sebaiknya berkumurlah dengan menggunakan air hangat.
  6. Hindari makanan yang terlalu panas dan juga terlalu dingin. Sebaiknya pilih makanan dengan suhu yang normal sehingga tidak akan merusak email gigi.
  7. Rutin periksa gigi ke dokter, karena dengan rutin memeriksakan kesehatan gigi maka jika ada plak dokter akan segera membersihkannya dan akan melakukan perawatan jika ada gigi yang berlubang.
  8. Selalu penuhi asupan kalsium contohnya dengan rajin minum susu dan makanan berkalsium agar gigi kuat dan sehat

Nah, itulah tips merawat gigi saat sedang hamil karena pentingnya kesehatan gigi untuk ibu dan juga janin yang dikandungnya.

Leave a Reply