free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Merawat Rambut Wanita Bejilbab

Berjilbab atau berhijab adalah salah satu kewajiban seorang muslimah. Sebagai seorang muslimah menutup aurat adalah keharusan. Bagian yang harus tertutupi salah satuya adalah mahkota wanita yaitu rambut. Pada wanita yang berjilbab biasanya perawatannya akan sedikit berbeda dengan wanita yang tidak berkerudung. Dan biasanya yang berkerudung mempunyai sedikit masalah pada rambutnya. Perawatan rambut wanita berkerudung dan tidak berkerudung tentu saja berlainan, untuk wanita berjilbab menjaga rambut agar terus sehat memanglah dibutuhkan perawatan khusus. Rambut yang tertutupi secara terus menerus tentu akan menjadi sukar dalam perawatannya. Karena itulah Anda sebagai muslimah harus pintar-pintar menjaga rambut agar tetap sehat dan indah. Di bawah ini adalah tips agar rambut yang selalu memakai hijab tetap terjaga keindahannya. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Keringkan Rambut

Setelah Anda keramas, sebaiknya jangan langsung untuk menggunakan jilbab, sebaiknya tunggu hingga rambut kering terlebih dahulu. Hal ini karena jika rambut yang basah kemudian ditutupi jilbab maka muncul bau yang tidak enak, selain itu ketombe akan muncul semakin banyak dan menyebabkan gatal pada kulit kepala. Hal lainnya adalah rambut akan cepat rontok dikarenakan terlalu banyaknya gesekan yang terjadi antara rambut dan kain jilbab. Jika Anda sedang terburu- buru untuk segera keluar rumah sebaiknya gunakan hair dryer terlebih dahulu untuk mengeringkan rambut

2. Hindari Jepit Rambut

Saat menggunkan jilbab. Agar rambut tidak keluar adalah dengan cara menjepit atau mengikatnya. Pada saat menjepit rambut sebaiknya hindari penjepit rambut yang mempunyai bahan metal, hal ini karena dapat membuat rambut menjadi rapuh dan patah-patah. Sebaiknya gunakan ikatan atau jepit rambut dari bahan plastik atau karet dimana mempunyai tekstur  yang lembut dan tidak akan merusak rambut.

3. Gunakan Jilbab Berwarna Cerah

Penggunaan kerudung berwarna gelap sebaiknya tidak terlalu sering karena penggunaan warna gelap pada  saat udara panas akan menyebabkan kain cepat menyerap cahaya matahari. Dan hal ini tentu akan membuat rambut dan kulit kepala menjadi cepat lembab. Jadi sebaiknya gunakan jilbab berwarna cerah atau putih pada saat cuaca atau udara di sekitar dirasa panas.

4. Istirakatkan Rambut

Pada saat Anda sedang tidak menggunakan jilbab, sebaiknya Anda membuka ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai. Hal ini berguna untuk mengistirahatkan rambut Anda. Dimana dapat memberikan kesempatan pada rambut untuk bernapas, dan tentu untuk mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menjadikan kerontokan dan munculnya ketombe.

5. Gunakan Jenis Kerudung yang Menyerap Keringat

Tidak dapat dipungkiri lagi, saat menggunakan jilbab tentu dapat menjadikan situasi kulit kepala dan rambut lantas cepat berkeringat. Sebagai salah satu cara untuk menyiasati hal tersebut adalah dengan menggunakn jenis kain kerudung yang dapat menyerap keringat seperti cotohnya jilbab yang mempunyai bahan dari kaos atau katun.

Itulah cara merawat rambut wanita berjilbab, selain tetap dapat menjalankan kewajiban sebagai seorang muslimah, kecantikan rambut pun bisa terjaga dengan baik. Sebaiknya jangan sepelekan perawatan rambut karena rambut adalah mahkota wanita yang perlu di jaga keindahan dan kelembutannya. Walaupun mahkota tersebut ditutupi dengan hijab atau jilbab. Semoga tips –tips di atas dapat di praktekan dan dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply